Wisata Kebun Raya Cibodas di Kaki Gunung Gede

Wisata Kebun Raya Cibodas di Kaki Gunung Gede. Objek wisata ini masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Cianjur, tepatnya berada di desa Cimacan kecamatan Cipanas. Merupakan salah satu objek wisata tertua karena telah berdiri sejak tahun 1852. Lokasinya yang berada 1300 meter di atas permukaan laut menjadikan cuaca di sini cukup sejuk bahkan cenderung dingin. Maka dari itu masyarakat ibukota dan sekitarnya selalu ingin mendatangi Kebun Raya Cibodas ini.
Dibandingkan dengan objek wisata alam lainnya yang lebih baru berdiri di daerah puncak seperti Taman Safari Indonesia atau Kebun Bunga Nusantara memang kalah maju dan modern. Namun dengan harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas cukup terjangkau hanya 9.500 rupiah saja membuat pengunjung selalu ramai.
Kebun Raya Cibodas ini memiliki koleksi tumbuhan yang hanya ada di tempat ini dan tidak dimiliki oleh saudara muda nya. Seperti pohon besar yang merupakan tumbuhan tropis dataran tinggi yaitu pinus tusam dan runjung. Ada pula tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra (calliandra calothyrsus). Jangan lupa juga mengunjungi taman lumut. Dan yang istimewa adalah terdapat air terjun di dalamnya yaitu curug ciismun. Sehingga setelah puas menikmati dan bermain di tamannya yang luas kita dapat bermain air di air terjun ini.
Wisata Kebun Raya Cibodas di Kaki Gunung Gede
Karena letaknya yang berada di kawasan Puncak maka harap maklum dengan macetnya lalu lintas menuju objek wisata ini di akhir pekannya. Perhatikan juga jadwal jalur buka tutup jalur puncak. (silahkan simak di Jadwal Resmi Sistem Satu Arah Puncak Bogor)
Sebagai tambahan bagi kita yang akan mendaki ke gunung Gede atau Pangrango, jalur Cibodas merupakan jalur yang direkomendasikan terutama bagi yang masih pemula atau pertama kali naik gunung karena treknya yang landai sehingga lebih aman dan bersahabat. Bahkan banyak pecinta alam menyebutnya sebagai trek wisata.

 

Demikian artikel Wisata Kebun Raya Cibodas di Kaki Gunung Gede. Semoga bermanfaat dan semoga menjadi referensi tujuan wisata anda bersama rekan dan keluarga. Terima kasih.