Harga Tiket Masuk Monumen Nasional | Monas 2015

Harga Tiket Masuk Monumen Nasional | Monas 2015.
Harga Tiket Masuk Monumen Nasional | Monas 2015
Kali ini saya akan berbagi tentang sebuah tempat wisata yang merupakan lambang kebanggaan kota Jakarta yaitu Monumen Nasional atau masyarakat lebih mengenal dengan Monas. Mulai dibangun di bulan Agustus 1959 lalu diresmikan tepat 2 tahun setelahnya yaitu tanggal 17 Agustus 1959. Namun baru dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.
Memiliki ketinggian sampai puncak  adalah 132 meter, Monas memang menjadi simbol ‘‘selamat datang’’ bagi kita yang mengunjungi Jakarta sebagai ibukota negara tercinta Indonesia. Lapisan emas di puncaknya seperti melambai-lambai menyambut kedatangan kita semua. Mampu menggetarkan hati siapa saja yang melihatnya.
Berapa sih harga tiket masuknya? Area Monas sebenarnya dapat dibagi dalam 3 bagian, yaitu

Area Taman Monas, sebuah hutan kota dengan konsep taman wisata yang mengelilingi monumen. Masuk ke area ini gratis tidak dipungut biaya apapun.

Pelataran bawah atau cawan tugu. Tiketnya untuk anak-anak 2,000 rupiah, mahasiswa 3,000 rupiah dan dewasa 5,000 rupiah.

Pelataran atas atau puncak tugu. Biayanya untuk anak-anak 2,000 rupiah, mahasiswa 5,000 rupiah sedangkan dewasa 10,000 rupiah.

Lokasinya yang cukup strategis sehingga banyak pilihan moda transportasi menuju ke sana. Saya memilih menggunakan kereta commuter line, sayangnya sekarang tidak bisa turun di stasiun Gambir. Padahal ini stasiun terdekat dengan Monas. Sehingga kita harus turun di stasiun Juanda atau Gondangdia. Jaraknya tidak yang terlalu jauh sehingga  cukup berjalan kaki saja.

Sesampai di Monas kami bersantai dulu di Taman Monas yang cukup teduh dengan hamparan rumput  yang hijau dinaungi rimbunnya pepohonan.  Apalagi hari masih pagi yang membuat udara masih cukup segar.  Setelah puas menikmati hutan kota ini, kami bergerak menuju monumen. Ada hal yang menarik saat akan memasukinya. Banyak yang kebingungan saat mencari gerbang masuknya.
Ya, karena gerbang untuk memasuki area utama Monas justru berada di seberang jalan yang mengitari monumen. Jadi kita akan menuruni tangga semacam ruang bawah tanah lalu menyusuri lorong dan akan menemukan loket penjualan tiket di sana. Cukup unik ya, penulis sampai saat ini belum dapat jawabannya kenapa dibuat model seperti ini, pasti ada maksud dan tujuannya.
Untuk menuju puncak, loket pembelian tiketnya ada di area pelataran bawah. Namun bila di akhir pekan harus bersabar, antrean lift menuju ke atas cukup panjang. Di puncak kita dapat menikmati pemandangan yang luar biasa karena dapat memandang kota Jakarta dari ketinggian. Ada semacam peta yang menerangkan gedung-gedung yang terlihat tersebut. Disediakan pula teropong namun harus bayar dengan sistem koin.
Di Monas ini sering diadakan berbagai kegiatan untuk umum seperti pameran atau pertunjukan musik. Kami justru merasa beruntung karena hari itu tidak ada acara keramaian sehingga benar-benar menikmati suasana ‘sepi’ terbebas dari hingar-bingar orang-orang. Hal ini mungkin dapat menjadi pertimbangan anda ketika ingin mengunjungi Monas dengan melihat agenda acara yang dapat diakses di internet.
Ini penampakan monas dilihat dari kereta commuter line (KRL) saat kita berangkat dari Bekasi:
Jangan lupa untuk singgah ke Masjid Istiqlal yang berada di dekan kawasan monas.
Demikian artikel tentang Harga Tiket Masuk Monumen Nasional | Monas 2015. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

2 thoughts on “Harga Tiket Masuk Monumen Nasional | Monas 2015

Comments are closed.