Wisata Permata : Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh

Wisata Permata : Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh.
Wisata Permata : Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh
Sumatera Barat kembali menyita perhatian para pecinta dan pemerhati batu permata baik lokal bahkan internasional. Yaitu Batu Cincin Lumuik Suliki. Lumuik dalam bahasa Indonesia artinya Lumut. Ini karena memang batu cincin ini memiliki warna khas hijau dengan corak seperti lumut. Suliki adalah sebuah kecamatan di wilayah kabupaten Lima Puluh Kota. Sedangkan kota Payakumbuh diambil karena dahulunya masuk daerah Lima Puluh Kota sebelum adanya pemekaran.
Terdapat banyak jenis dari Lumuik Suliki ini diantaranya adalah:
  1. Batu Lumuik Suliki Pandan
  2. Batu Lumuik Suliki Kumbang
  3. Batu Lumuik Suliki Abu
  4. Batu Lumuik Suliki Terawang
  5. Batu Lumuik Suliki Teratai
  6. Batu Lumuik Suliki Cimpago
  7. Batu Lumuik Suliki Pancar
  8. Batu Lumuik Suliki Suto
  9. Batu Lumuik Suliki Logam
  10. Batu Lumuik Suliki Anggur
  11. Batu Lumuik Suliki Ungu
  12. Batu Lumuik Suliki Hitam
  13. Batu Lumuik Suliki Merah
  14. Batu Lumuik Suliki Hijau
  15. Batu Lumuik Suliki Kuning
  16. Batu Lumuik Suliki Putih
  17. Batu Lumuik Suliki Cokelat

 

Sekarang batu cincin ini telah menyaingi ketenaran Batu Lumuik Sungai Dareh yang telah menjadi primadona sebelumnya. Keunggulan dari Lumuik Suliki dibanding Sungai dareh adalah corak dan warnanya yang lebih variatif sehingga menambah keindahan. (baca juga: Batu Cincin Sungai Dareh | Permata Hijau Dharmasraya Sumatera Barat )

Peran serta pemerintah setempat juga sangat mendukung pesatnya keberadaan lumuik suliki. Baik melalui pameran, promosi formal maupun informal baik media massa maupun internet sehingga masyarakat lusa lebih mengenal batu permata ini. Bahkan kini Lumuik Suliki telah menjadi oleh-oleh khas kota Payakumbuh.
Semoga dengan adanya trend ini mampu menambah pendapatan pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat sehingga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya.
Demikian artikel Wisata Permata : Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita semua. Terima kasih.