Wisata Kuliner Cianjur | Nasi Liwet Buatan Nini

Wisata Kuliner Cianjur | Nasi Liwet Buatan Nini. Siapa yang tidak kenal dengan daerah Cianjur ? sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Bogor ini merupakan penghasil beras nomor satu karena terkenal pulen dan wangi. Salah satu olahan dari beras cianjur ini adalah nasi liwet. Resep nasi liwet ini cukup mudah hanya dengan menambahkan santan, daun salam dan pandan dicampur dengan ikan teri. Dapat dibayangkan bagaimana nikmatnya kuliner khas Cianjur ini. Nasi liwet ini cocok dengan menu tambahan seperti ikan bakar, ikan goreng, tahu, tempe plus sayur asam. Ada pula lalapan buncis, kacang panjang, petai atau jengkol. Dan tentu saja sambal terasi penembah selera.
Wisata Kuliner Cianjur | Nasi Liwet Buatan Nini
Bila kita memasuki daerah Cianjur, menu nasi liwet telah menjadi andalan rumah makan dan restoran yang banyak tersebar di sepanjang jalan mulai dari puncak Bogor hingga ke Bandung. Berapa harga nya? Saya justru tidak tahu karena terus terang belum pernah beli di tempat tersebut. Biasanya kami menikmati nasi liwet ini pas pulang kampung ke rumah nini dan aki di cibarengkok – Cianjur. Setiap kali berkunjung ke sana pasti kita request nasi liwet ini. Apalagi di belakang rumah ada empang ikan mas dan mujair sehingga setelah dipancing langsung digoreng atau dibakar.
Yang lebih seru dan menarik adalah cara menyantapnya bersama-sama dengan alas daun pisang. Ini telah menjadi tradisi sehingga kebersamaan pun sangat terasa. Demikian artikel tentang Wisata Kuliner Cianjur | Nasi Liwet Buatan Nini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi buat kita semua. Terima kasih