Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Dari Aceh

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Dari Aceh. Provinsi Nangro Aceh Darussalam memiliki beberapa makanan khas yang selalu atau wajib hadir saat lebaran tiba. Kue-kue ini terhidang di meja untuk keluarga atau para tamu yang datang bersiturahmi. Walaupun kudapan yang lebih modern telah banyak namun tidak lengkap rasanya hari raya tanpa kuliner tradisional asli Aceh ini. Mari kita telusuri satu persatu kue-kue  tersebut yang hadir saat lebaran.
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Dari Aceh
 
Yang pertama yaitu Timphan. Kue lunak yang lezat ini berbahan dasar tepung dan pisang lalu dibalut oleh daun pisang seperti lontong bentuknya. Untuk variasi rasa kadang kala diberi tambahan seperti nangka atau srikaya sebagai pelengkap.
Yang kedua Seupet Kuwet. Kue yang renyah ini memiliki dua bentuk yaitu bentuk pipa kita lebih mengenal dengan semprong. Satu lagi bentunya kipas yang mengembang.

Yang ketiga Kue Keukarah. Bentuknya unik karena mirip sarang burung dengan serabut-serabutnya.  

Yang Keempat yaitu Kue Nyap. Di tempat lain seperti Jakarta meyebutnya kembang goyang. Ya, karena cetakan kuenya berbentuk kembang harus digoyang untuk melepaskan adonan ke minyak goreng.
Yang Kelima yaitu Kue Bhoi. Semacam bolu yang memiliki kekerasan di bagian luarnya namun lembut di dalamnya.
Demikian artikel Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Dari Aceh. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan bagi rekan-rekan semua. Terima kasih