Kata Sahur, Puasa Dan Lebaran Dalam Bahasa Hindi

Kata Sahur, Puasa Dan Lebaran Dalam Bahasa Hindi. Kali ini saya ingin berbagi tentang asal usul kata yang berkaitan dengan ibadah pada bulan suci Ramadan yaitu sahur, puasa dan lebaran.  Yang menarik adalah kata-kata yang selama ini digunakan secara umum oleh kita bukan dari bahasa Arab akan tetapi justru dari Hindi atau India. Dalam bahasa Arab tidak mengenal puasa akan tetapi shaum lalu lebaran  adalah Iedul fitri.
Kata Sahur, Puasa Dan Lebaran Dalam Bahasa Hindi
 
Hal ini terjadi tidak terlepas dari sejarah penyebaran agama Islam oleh para wali. Di mana saat itu mayoritas masyarakatnya adalah hindu sehingga ada beberapa istilah dalam tradisi Hindu yang identik dengan bahasa Hindi atau India yang masih digunakan agar mereka yang baru memeluk Islam tidak kaget dengan perubahan keyakinan. Namun kata-kata transisi ini ternyata terus digunakan hingga saat ini.

Sahur dalam bahasa Hindi adalah dini hari. Bila dijabarkan sahur memang dilakukan waktu menjelang pagi sebelum Subuh. Lalu Puasa diambil dari kata upavasa atau upawasa yang artinya menutup. Secara Islami diartikan menahan diri dari hawa nafasu seperti makan dan minum mulai fajar hingga matahari terbenam. Oleh karena itu ada istilah berbuka puasa.

Lalu Lebaran dalam bahasa Hindi adalah selesai atau habis. Yang menandakan usai melakukan puasa. Ada beberapa versi  bahasa daerah untuk lebaran. Seperti bahasa jawa yang berarti wis bar atau sudah selesai namun saat ini suku Jawa lebih sering memakai ucapan sugeng riyadin. Riyadin sendiri gabungan dari riraya (hari raya) dan din (Agama / Islam). Lebaran sangat umum dipakai oleh orang betawi dengan mengambil kata lebar yang mengandung arti membuka lebar-lebar pintu maaf di hari raya. Sekali lagi semua kembali kepada keyakinan kita terhadap kata-kata tersebut dalam pemakaian sehari-hari tanpa mengurangi nilai syariatnya.

 

Demikian artikel Kata Sahur, Puasa Dan Lebaran Dalam Bahasa Hindi. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua. Terima kasih