Makanan Khas Lebaran Betawi Jakarta

Makanan Khas Lebaran Betawi Jakarta.
Makanan Khas Lebaran Betawi Jakarta
 
Kali ini saya akan berbagi tentang makanan yang tersaji saat lebaran tiba di Jakarta. Ada beberapa kue yang telah menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Betawi yang menjadi menu wajib hadir di meja untuk dinakmati oleh keluarga dan tamu yang datang  berkunjung. Tidak lengkap rasanya saat hari raya tanpa kehadiran kue ini.
Apa saja kue-kue tersebut ?  berikut adalah daftar kue lebaran khas Betawi:
  1. Tape uli.  
  2. Dodol betawi.
  3. Akar kelapa.
  4. Biji ketapang.
  5. Manisan kolang kaling.
  6. Kue satu.
  7. Kue talam.
  8. Kue geplak bakar.
  9. Kue Nastar.

Jakarta memang cukup banyak memiliki ciri khas makanan lebaran. Hal ini tak lepas dari fungsinya sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian sehingga terjadi pencampuran dari berbagai budaya seperti timur tengah, tiongkok, india, eropa dan indonesia memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat betawi termasuk juga kulinernya.
Sayangnya akibat pergeseran jaman yang semakin modern sajian kuliner khas betawi yang dulunya menjadi ciri khas kini sudah mulai tergantikan oleh kue-kue yang lebih modern. Banyak faktor yang menyebabkannya antara lain masyarakat yang lebih memilih untuk membeli dibandingkan membuatnya sendiri.
Sedangkan di pasaran kue-kue ini sangat jarang ditemukan karena proses pembuatannya yang panjang dan rumit. Walaupun ada yang menjual itupun tidak terlepas karena tradisi dan kecintaannya terhadap budaya betawi tetap lestari.

Demikian artikel tentang Makanan Khas Lebaran Betawi Jakarta. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kuliner kita bersama. Terima kasih