Manisan Halua Makanan Khas Lebaran di Sumatera Utara

Manisan Halua Makanan Khas Lebaran di Sumatera Utara. Kali ini saya akan berbagi tentang kuliner khas saat lebaran di daerah Sumatera Utara. Bila bicara mengenai  Sumatera Utara khususnya daerah Medan maka yang terpikir adalah bika ambon. Ya, bika ambon memang telah menjadi semacam maskot kuliner yang selalu menjadi oleh-oleh wajib bila kita mengunjungi provinsi ini. Namun sebetulnya bukan hanya bika ambon saja karena ada beberapa makanan khas yang menjadi kebanggaan masyarakat sumatera utara terutama bila  ada peristiwa besar dan penting seperti lebaran.
Manisan Halua Makanan Khas Lebaran di Sumatera Utara
Manisan halua menjadi pilihan nomor satu sebagai sajian untuk keluarga dan tamu saat lebaran tiba. Penghasil utamanya adalah Langkat. Sebuah kabupaten yang telah menjadikan manisan halua sebagai menu wajib yang harus dihidangkan saat lebaran. Ada beberapa buah yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar manisan halua seperti papaya, labu, wortel, daun papaya, gelugur, buah renda, terung, kolang kaling dan cabai. Dan tentu saja gula pasir sebagai bahan pemanisnya.

Dari beberapa buah tersebut yang menjadi primadona dan favorit adalah manisan halua cabai. Buah yang identik dengan pedas ini akan luntur dan bergati menjadi manis dan lezat begitu menjadi manisan halua. Karena saking laris nya  maka kita harus jauh-jauh hari sebelum hari raya untuk membelinya agar tidak kehabisan.

Demikian artikel Manisan Halua Makanan Khas Lebaran di Sumatera Utara. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kuliner kita bersama. Terima kasih