Tip Memilih Jalur Alternatif Mudik Lebaran Yang Aman

Tip Memilih Jalur Alternatif Mudik Lebaran Yang Aman. Tradisi saat lebaran adalah pulang kampung alias mudik. Telah menjadi kondisi umum yang akan kita hadapi adalah kemacetan di jalan, salah satu faktor yang utama adalah volume kendaraan yang sangat tinggi. Untuk menghindari kemacetan ini bila menggunakan kendaraan pribadi tentu kita memilih berbagai cara. Salah satunya mencari jalur alternatif agar perjalanan lancar dan cepat sampai tujuan ke kampung halaman.
Tip Memilih Jalur Alternatif Mudik Lebaran Yang Aman
Dalam memilih jalur alternatif ini ada hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu gunakan jalur alternatif resmi dari pihak kepolisian atau dinas perhubungan. Alasan utama adalah kondisi jalan telah melalui kajian yang mendalam dan memenuhi standar keamanan untuk dapat dilewati kendaraan.

Dalam perjalanan saat terjebak macet banyak jalur alternatif tidak resmi. Rute ini biasanya ditawarkan oleh warga sekitar yang bertugas sebagai guide atau penunjuk jalan tentunya dengan imbalan uang. Alangkah baiknya hindari cara ini bila kita belum pernah melewatinya atau tidak mengetahui informasi yang akurat. Dalam beberapa kasus, jalan yang  dipakai ternyata jalan berbatu yang terjal, jalan tanah berlumpur atau lebar jalan yang sempit. Hal ini tentunya selain merusak kendaraan juga membahayakan diri kita sendiri.

Oleh karena itu dalam memilih jalur alternatif ini dibutuhkan pilihan yang bijaksana sehingga perjalanan mudik kita aman dan nyaman. Bila memang ragu dengan kemampuan kendaraan dan kita sendiri lebih baik tetap menggunakan jalur utama walaupun harus berhadapan dengan kemacetan yang luar biasa.

 

Demikian artikel Tip Memilih Jalur Alternatif Saat Mudik Lebaran Yang Aman. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih