Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Di Bengkulu

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Di Bengkulu. Kali ini saya akan berbagi tentang makanan apa saja yang tersaji saat menyambut hari raya Idul Fitri di daerah Bengkulu. Cukup banyak kuliner khas dari daerah ini. Namun ada 2 yang cukup spesial karena ada semacam pendapat di masyarakat lokal, tidak lengkap rasanya lebaran bila tidak menikmati ke dua makanan ini. Mari kita telusuri dan mengenal  detailnya.
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Di Bengkulu
Yang pertama adalah gelamai. Bentuknya mirip dengan dodol dari daerah lain. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gelamai antara lain santan, tepung ketan dan gula merah. Yang paling menguras tenaga adalah proses pengadukannya yang membutuhkan waktu 8 jam hal ini dilakukan agar adonan matang secara merata dan tidak pecah.  Oleh karena umumnya masyarakat lebih suka membeli daripada harus membuat sendiri.
 
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Di Bengkulu

Yang kedua adalah tapai ketan merah atau lebih dikenal dengan nama ba’em. Daerah yang merupakan produsen masakan tradisional bengkulu ini ada di kabupaten Rejang lebong.  Keunikan dari Baem adalah pembungkusnya yang memakai daun kemiri. Hal inilah yang membedakan degan tapai ketan pada umumnya.

Berbeda dengan gelamai yang dapat ditemukan kapan saja. Ba’em hanya muncul saat lebaran saja sehingga makanan satu ini menjadi istimewa. Oleh karena itu bila kita merayakan hari besar di daerah Bengkulu jangan sampai melewatkan menikmatinya.

 

Demikian artikel Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Di Bengkulu. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kuliner kita bersama. Terima kasih

3 thoughts on “Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Di Bengkulu

Comments are closed.