Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Lampung

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Lampung. Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang penganan khas lampung yang selalu tersedia saat lebaran yaitu segubal. Mungkin selama ini masyarakat hanya mengenal Lampung dengan keripik pisang saja. Ini tidak mengherankankarena segubal ada saat peristiwa penting saja seperti pernikahan, upacara adat atau hari raya lebaran sehingga jarang yang mengenal kudapan yang nikmat dan lezat ini.
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Lampung
 
Segubal bila di daerah Jawa bentuknya lebih mirip dengan lepat / lepet namun ada perbedaan karena segubal memiliki rasa yang khas. Resep membuat segubal cukup  sederhana yaitu beras ketan dan santan. Proses pembuatannya yang lumayan panjang dan rumit sehingga diperlukan kesabaran dan ketelatian dari si pembuat.
Pertama beras ketan terlebih dahulu direndam agar lebih lunak. Setelah itu ditanak hingga setengah matang. Saat kondisinya masih panas, adonan ini dibentuk seperti bola lalu dibungkus dengan daun pisang dan diikat dengan rapi. Dilanjutkan dengan proses berikutnya dapat dipilih untuk dikukus atau dipanggang. Ini sesuai selera pembuatnya.  Setelah siap segubal dapat disajikan langsung atau dengan lauk pendamping seperti opor ayam, rendang atau ayam goreng.

Segubal sebagai makanan tradisional daerah Lampung wajib untuk dilestarikan agar tidak hilang oleh perkembangan zaman dengan kue-kue yang lebih modern.  Dan peran pemerintah daerah serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mempertahankannya. Misalnya mempromosikannya sebagai oleh-oleh utama provinsi Lampung disamping keripik pisang atau kopi lampung yang sudah terkenal.

 

Demikian artikel Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Lampung. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih