Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Barat

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Barat. Daerah minangkabau memiliki makanan yang sudah sagat terkenal bahkan samapai ke tingkat dunia yaitu rendang sebagai makanan terlezat. Luar biasa. Rendang sudah pasti menjadi pilihan nomor satu untuk menu di hari lebaran. Namun bukan hanya rendang saja yang merupakan sajian wajib saat lebaran. Ada beberapa kue yang menjadi daftar wajib di meja untuk hidangan keluarga dan tamu saat lebaran. Ayo kita simak bersama
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Barat
Yang pertama adalah Galamai, dapat dikatakan sebagai dodol nya Sumatera Barat. Perbedaan yang mencolok dari dodol betawi atau dodol garut adalah galamai memiliki tekture yang lebih keras dan rasa yang lebih legit. Bahan yang digunakan hampir sama yaitu tepung beras, tepung ketan, gula merah dan santan.
 
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Barat

Yang kedua adalah Galamai Bareh Randang. Bila digambarkan seperti wingko babat. Terbuat dari beras ketan yang disangrai dicampur kelapa dan gula putih. Faktor dari beras sangrai inilah yang menjadikan tekture dari Galamai bareh randang tidak sekental atau sepadat galamai.

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Barat
Yang ketiga adalah kue sapik. Kue semprong kalau di daerah Jawa. Sapik dalam bahasa Minang artinya jepit. Hal ini karena pada proses pembuatannya dijepit untuk mendapatkan bentuk kipas atau pipa. Resep kue sapik ini cukup sederhana yaitu tepung beras, gula pasir, telur, santan dan bubuk kayu manis. Rasanya yang manis dan gurih sangat sesuai saat dihidangkan saat hari raya lebaran untuk dinikmati bersama keluarga dan sanak famili.
Demikian artikel Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih