Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Selatan

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Selatan. Kali ini saya akan berbagi tentang makanan khas Sumatera Selatan yang selalu hadir saat lebaran tiba. Mungkin kita pasti akan terbayang pada empek-empek palembang yang sudah terkenal itu. Namun sebenarnya tidak hanya empek-empek saja ada beberapa kuliner yang telah menjadi tradisi sebgai sajian wajib saat lebaran. Apa saja makanan tersebut?
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Selatan
 
Yang pertama adalah kue maksuba. Kudapan yang mirip dengan kue lapis legit, perbedaannya terdapat pada bahan resep yang digunakan dimana telor bebek dan susu kental manis begitu dominan sedangkan tepung terigu justru minim. Berbanding terbalik dengan resep kue lapis pada umumnya. Dalam sejarahnya kue ini adalah makanan mewah yang hanya dinikmati oleh kalangan istana namun seiring dengan waktu, kini kue ini telah hadir di setiap rumah terutama saat lebaran.

Hidangan yang kedua adalah kue delapan jam. Namanya unik ya. Ini sesuai dengan cara memasaknya yang memakan waktu 8 jam. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kue delapan jam ini mirip dengan resep maksuba. Kue delapan jam ini mirip dengan bolu. Pada jaman dulu hanya kaum bangsawan saja yang dapat menikmatinya namun kini siapapun dapat merasakan kelezatan nya.

 

Demikian artikel  Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Sumatera Selatan. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi bagi rekan-rekan sekalian. Terima kasih