Mengenal Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Mengenal Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kali ini saya akan mengajak rekan-rekan ke salah satu wahana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah yaitu anjungan Bali. Provinsi yang terkenal dengan pariwisata keindahan alam dan juga adat istiadat Hindu yang sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari sehingga mendapat julukan pulau dewata. Di area ini menampilkan bangunan arsitektur Bali yang memiliki arti dan makna Astha Kosala Kosili yang merupakan tata cara penataan lingkungan untuk tempat tinggal dan bangunan suci. Kesemua itu mencerminkan falsafah Tri Hita Kirana (tiga penyebab kebahagiaan) yaitu hubungan harmonis antara manusia dengan Sang Pencipta,  manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sekitarnya.
Mengenal Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Begitu memasuki gerbang kita akan disambut dengan candi bentar atau gapura belah. Setelah itu terdapat balai bengong untuk beristirahat dan balai pengambuhan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan bermusyawarah. Berjalan lebih kedalam akan menjumpai balai aling-aling untuk menolak pengaruh buruk dan balai rangki sebagai penyimpanan peralatan upacara adat keagamaan.

Ada beberapa bangunan lainnya di area anjungan Bali TMII ini seperti:

  1. Balai gede sebagai tempat melaksanakan acara Manusia Yadya
  2. Pawon, dapur untuk keperluan memasak
  3. Jineng, penyimpanan padi atau lumbung
  4. Balai dauh atau singosari, tempat bernaung para gadis yang masih remaja
  5. Balai bandung, para pria yang belum menikah akan tinggal di sini
  6. Loji, ruang beristirahat melepas penat usai beraktifitas

Selain anjungan Bali kunjungi juga provinsi lain seluruh Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.

Demikian artikel Mengenal Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih