Mengenal Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah | TMII

Mengenal Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu anjungan yang ada di objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu Jawa Barat. Sebuah provisi yang memiliki area  wilayah 35,377.76  Kilometer persegi dan jumlah penduduk 42 juta lebih ini dengan ibukota yaitu Bandung.
Mengenal Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah | TMII
Anjungan Jawa Barat di TMII ini mengambil tema kasepuhan keraton Cirebon. Dimana menampilkan bangunan-bangunan yang memiliki arti dan aspek budaya Sunda seperti

Jinem pangrawit, pada dasarnya sebagai tempat untuk berkumpul para pengawal kerajaan. Namun kini difungsikan sebagai ajang yang menampilkan kreasi seni Sunda seperti degung atau kecapi suling.

Bangsal Pringgondani, dahulu dijadikan sebagai ruangan pertemuan antara sultan dengan para bawahannya. Sekarang digunakan sebagai ruang pameran kerajinan tangan, photo-photo acara adat dan tempat wisata yang ada di Jawa Barat.

Bangsal Prabayaksa, merupakan ruang diterimanya tamu khusus oleh sultan. Saat ini difungsikan untuk pertunjukan wayang golek dan tari-tarian daerah Sunda

Bangsal Dalem, ini adalah ruang bagi sultan untuk kerja dan istirahat siang. Bagian ini dibiarkan sebagai mana aslinya oleh pengelola.

Langgar Alit, Musholla kecil untuk ibadah sholat sultan

Sri Menganti, Ruang  tunggu para tamu kerajaan

Lunjuk, tempat mendaftar bagi tamu yang ingin bertemu dengan sultan

Jinem Arum, ruang keluarga kerajaan

Tentu saja masih ada lagi beberapa bangunan yang melengkapi anjungan Jawa Barat. Silahkan datang langsung ke Taman Mini Indonesia Indah.

Mengenal Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah | TMII
 

Demikian artikel Mengenal Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih