Mengenal Anjungan Banten Taman Mini Indonesia Indah | TMII

Mengenal Anjungan Banten Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Kali ini saya akan berbagi tentang salah satu wahana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu anjungan Banten. Sebuah provinsi baru dibentuk pada tanggal 18 November 2000 merupakan hasil pemekaran Jawa Barat yang memiliki luas wilayah 9 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk hampir 10 juta jiwa. Saat ini dipimpin oleh seorang gubernur yang cukup terkenal karena mantan aktor yaitu Rano Karno atau banyak yang mengenalnya dengan pangilan si Doel.
Mengenal Anjungan Banten Taman Mini Indonesia Indah | TMII
Anjungan ini menghadirkan rumah sebagai bangunan utama dengan desain Masjid Agung Banten Lama yang didirikan oleh Sultan Maulana Hasanudin di tahun 1566. Memiliki 2 lantai, dimana lantai dua untuk kantor sedangkan lantai pertama difungsikan sebagai area pameran. Cukup banyak koleksi yang mencerminkan budaya dan sejarah Banten ditampilkan di sini. Mulai dari pakaian adat Banten, alat musik tradisional, peralatan rumah tangga dan juga senjata tradisional khas Banten.

Tidak ketinggalan pula berbagai kerajinan tangan ditampilkan seperti batu akik kalimaya dan opal, anyaman dari kulit kayu dan bambu, tenun tradisional dengan corak Banten, gerabah serta keramik. Dengan adanya anjungan Banten di Taman Mini IndonesiaIndah TMII ini akan lebih mengenalkan potensi budaya dan pariwisata di daerah Banten serta menambah rasa kecintaan terhadap tanah air.

 

Demikian artikel Mengenal Anjungan Banten Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih