Mengenal Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah | TMII

Mengenal Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu anjungan yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu Jawa Timur. Sebuah provinsi yang memiliki luas wilayah  47 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir 40 juta jiwa. 
Mengenal Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah | TMII
Surabaya yang mendapat julukan sebagai kota pahlawan menjadi ibukota provinsi ini. Terdapat tiga bagian di anjungan Jawa Timur TMII ini yang setiap bagiannya memiliki arti dan maksud tersendiri mulai dari sejarah kerajaan, masa perjuangan kemerdekaan hingga kondisi setelah proklamasi.
Bagian pertama menampilkan relief-relief  dan patung yang menceritakan kejayaan kerajaan Majapahit dengan raja pertama Raden Wijaya dan patih Gajah Mada yang terkenal dengan sumpah Palapa untuk menyatukan seluruh wilayah Nusantara.
Pada bagian kedua yang menggambarkan masa kemerdekaan dapat kita temukan replika Tugu Pahlawan Surabaya untuk mengenang para pahlawan yang gagah berani melawan penjajah. Bagian terakhir menghadirkan suasana tradisional masyarakat Jawa Timur yang diwakili oleh rumah-rumah adat dari Ponorogo, Situbondo, Pacitan dan Madura.

Anjungan Jawa Timur di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini dapat menjadi sebagai ajang pengetahuan sekaligus promosi daerah terutama di bidang pariwisata. Seperti kita ketahui Jawa Timur memiliki tujuan tempat wisata andalan seperti wisata kota Malang yang memiliki Pantai Sendang Biru atau kota Pasuruan yang memiliki Saygon Waterpark.

Demikian artikel Mengenal Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah | TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih