Tanaman Zodia Sang Pengusir Nyamuk

Tanaman Zodia Sang Pengusir Nyamuk. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu tanaman yang memiliki khasiat sebagai pembasmi nyamuk. Siapa pun pasti mengenal salah satu serangga kecil yang paling tidak disukai oleh manusia. Mulai dari bayi hingga dewasa hingga para kakek-kakek dan nenek-nenek  semuanya merasakan hal yang sama. Selain menyebalkan karena efek gatal, yang paling mengerikan adalah dapat menyebabkan demam berdarah dan malaria.
Tanaman Zodia Sang Pengusir Nyamuk
Tanaman zodia merupakan asli dari Indonesia yang pertama kali ditemukan di daerah Mamberamo, Papua. Nama latin dari tumbuhan ini adalah Evodia Sauveolen termasuk dalam golongan jeruk-jerukan (Rutacea). Cirinya yaitu memiliki daun pipih atau gepeng yang memanjang dengan sifat lentur berwarna hijau agak kekuning-kuningan. Pengembang biakan dapat melalui batang yang di stek atau biji dari bunganya.

Saat penulis mencoba menaruh di salah satu sudut dalam ruangan tempat berkumpulnya nyamuk terlihat mereka tidak merasa nyaman dan menjauh dari tanaman Zodia namun sayangnya tidak sampai semua keluar ruangan beberapa masih beterbangan dan menggigit kulit. Berdasarkan informasi hasil dari gesekan daun zodia yang menimbulkan aroma yang membuat nyamuk pergi. Di Papua cara penggunaannya adalah dengan cara menggosokkan daun zodia pada kulit tubuh. Selain berfungsi sebagai pengusir serangga atau nyamuk ada juga khasiat lainnya seperti meredakan sakit kepala, disentri.

Simak juga video dari bunga Zodia ini:

 
Jangan lupa untuk membaca ulasan tanaman hias lainnya seperti Bunga Gerbera dan Bunga Calendula.

 

Demikian artikel Tanaman Zodia Sang Pengusir Nyamuk. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan referensi pegetahuan bagi rekna-rekan. Terima kasih