Etika | Satu Kata Seribu Makna

Etika | Satu Kata Seribu Makna. Di awal desember ini bila melihat tayangan televisi nasional terutama yang TV berita sedang seru-serunya tentang salah satu tokoh politik yang merupakan ketua dewan yang terhormat yang namanya tentu sudah kita kenal semua. Hal ini berawal dari adanya perdebatan terhadap pelanggaran etika yang dilakukan oleh beliau. Pertanyaan yang muncul di benak saya adalah bukan tentang apakah beliau melanggar atau tidak karena seperti kata pengamat dan pejabat semua kita serahkan ke MKD. Akan tetapi kembali ke pertanyaan dasar yaitu ETIKA ITU APA SIH ?.
Etika | Satu Kata Seribu Makna
Hasil dari penelusuran di Google didapat hasilnya seperti ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) etika ialah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral atau akhlak. Sedangkan menurut Wikipedia, Etika berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu ethikos yang berarti timbul dari kebiasaan. Penjelasannya menjadi lebih panjang lagi, yaitu sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.

Jadi kesimpulannya, ini menurut saya ya, ternyata etika itu adalah penilaian tingkah laku yang bukan dari persfektif hukum tetapi dari kebiasaan sehari-hari. Contohnya ketika kita berbicara dengan teman menggunakan bahasa alay itu sah-sah saja tetapi ketika berhadapan dengan orang tua tentu menjadi masalah dan kita melanggar etika tetapi tidak melanggar hukum.

Demikian artikel Etika | Satu Kata Seribu Makna. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan kita bersama. Terima kasih