Kelenteng Unik Dan Bersejarah Di Indonesia

Kelenteng Unik Dan Bersejarah Di Indonesia. Kelenteng pada dasarnya adalah sebagai tempat ibadah. Seiring perjalanannya melewati waktu dimulai dari didirikannya dan tetap eksis hingga kini. Lalu disertai dengan beberapa peristiwa besar menjadikan beberapa kelenteng memiliki sejarah panjang yang melekat padanya sehingga menjadikan kelenteng tidak hanya sebagai sarana memasrahkan diri pada Yang Kuasa tetapi juga sebagai objek wisata religi.
Kelenteng Unik Dan Bersejarah Di Indonesia

Berikut beberapa Kelenteng Unik Dan Bersejarah Di Indonesia:
1. Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur
Kelenteng ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kelenteng lainnya. Yang pertama dan paling menonjol adalah di gerbangnya terdapat ornamen kepiting dengan memamerkan ke dua capitnya padahal pada umumnya kelenteng dipasang simbol naga. Hal unik kedua adalah dari segi geografis karena Kelenteng Kwan Sing Bio ini menghadap langsung laut lepas yaitu laut utara Jawa menjadikan satu-satunya kelenteng yang menghadap ke laut.

2. Kelenteng Ji De Yuan, Jakarta

Didirikan pada tahun 1650, inilah kelenteng paling tua yang ada di Ibukota tepatnya terletak di Jalan Kelenteng yang kini telah berganti nama menjadi jalan Kemenangan. Dibangun oleh Letnan Kwee Hoen menamakan kelenteng ini Guan Yin Ting yang artinya pavilliun Guan Yin.
3. Kelenteng Boen Tek Bio, Tangerang, Banten
Dibangun sekitar tahun 1750 oleh penduduk perkampungan Petak Sembilan yang kala itu secara gotong royong membangun sehinga berdirilah kelenteng Boen Tek Bio yang bila diartikan Boen = sastra, tek = kebajikan dan Bio = tempat ibadah).
4. Kelenteng Tay Kok Sie, Semarang, Jawa Tengah
Berdiri pada tahun 1746 selain sebagai tempat beribadah juga telah menjadi wisata religi kota Semarang. Kelenteng Tay Kok Sie ini terletak di Jalan Gang Lombok No 62.
5. Kelenteng Sam Po Kong
Masih di kota semarang, inilah kelenteng yang menjadi lokasi pertama berlabuhnya jenderal terkenal dari Tiongkok yaitu laksamana zheng Ho atau Cheng Ho. Bentuknya yang seperti berada di bukit batu membuat Kelenteng Sam Po Kong disebut dengan gedung batu.
Demikian artikel Kelenteng Unik Dan Bersejarah Di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan liburan anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih