Mengenal Pasar Terapung Terkenal Di Dunia

Mengenal Pasar Terapung Terkenal Di Dunia. Pasar terapung atau juga disingkat menjadi pasar apung menurut penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sarana jual beli yang letaknya di atas perairan contohnya sungai dan danau. Para pebeli dan penjual berada di perahunya masing-masing dalam melakukan transaksi. Di Indonesia yang masih terdapat pasar apung tradisional adalah di kalimantan selatan tepatnya di kota Banjarmasin.

 
Mengenal Pasar Terapung Terkenal Di Dunia

Dalam perkembangannya pasar terapung ini selain menjadi tempat jual-beli juga menjadi objek wisata yang menarik dan menjadi ciri khas bagi daerah tersebut. Berikut adalah pasar apung yang terdapat di dunia

1. Vinh Long – Vietnam
Vinh Long menjadi pusat perdagangan buah bagi masyarakat yang berada di sungai Chien Co. Para turis akan melihat pemandangan yang menarik dari atas delta sungai Mekong sembari menikmati permen tradisional atau jagung nasi renyah (Crispy Rice Pop Corn).

2. Damnoen Saduak – Thailand
Pasar terapung ini berada di Khlong provinsi Ratchaburi. Di sini kita dapat melakukan perjalanan menggunakan perahu tradisional dan menikmati situs dari perahu. Aneka dagangan tersedia di pasar apung ini mulai dari buah-buahan, hidangan khas Thailand dan juga cinderamata.

3. Pasar apung sungai Barito – Indonesia
Hingga kini masyarakat sekitar masih memanfaatkan pasar apung ini untuk menjajakan kebutuhan sehari-hari dan juga jajanan khas banjarmasin atau wadai. Telah menjadi salah satu tujuan wisata andalan bagi provinsi Kalimantan Selatan

4. Nativitas – Meksiko
Tempat ini terkenal dengan kapal-kapal indah untuk menyusuri kanal kuno di danau Xochimilco. Hal ini selain dukungan dari pemerintah juga masyarakat setempat untuk melestarikan salah satu warisan dunia UNESCO.

5. Puda Side Floating Market – Venezuela
Para pedagang di sini menjual ikan segar, buah-buahan, rempah-rempah dan juga cindera mata khas Venezuela. Pasar apung ini berada di Willemstad – Curacao.

Selain yang tradisional dan alami sekarang ini cukup banyak tempat wisata yang menawarkan wahana Pasar Apung untuk menarik para pengunjung datang. Objek wisata tersebut antara lain Floating Market Lembang (FML) Bandung dan juga Pasar Ah Poong Sentul Bogor.
Demikian artikel Mengenal Pasar Terapung Terkenal Di Dunia. Semoga menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan sahabat. Terima kasih