Menyusuri Sejarah Kota Malang Di Museum Malang Tempo Doeloe

Menyusuri Sejarah Kota Malang Di Museum Malang Tempo Doeloe. Museum ini memiliki koleksi beragam benda purbakala, seni dan budaya yang menyertai sejarah kota Malang Jawa Timur.
Menyusuri Sejarah Kota Malang Di Museum Malang Tempo Doeloe
Dari ruang ke ruang pengunjung diantar untuk mengenal asal usul Malang yang kini terkenal dengan kota apel, bahkan dari jaman pra sejarah. Ada pula lorong-lorong berisi foto-foto zaman dulu. Memasuki lorong ini pengunjung dibawa kembali menuju 1500 tahun yang lalu ketika kawasan sekitar Malang baru terbentuk akibat letusan gunung berapi. Semula berupa danau, cekungan akibat letusan gunung purba tersebut lambat laun berubah menjadi rawa-rawa yang dikelilingi pegunungan Anjasmara, Arjuna, Welirang, Kawi, Bromo dan Semeru.
Kita juga diajak merasakan menjadi arkeolog melakukan pekerjaan ekskavasi di ruangan bawah tanah selebar 3 meter, oanjang 6 meter dan kedalaman 2,5 meter. Di lorong ekskavasi, dua arkeolog digambarkan menggali dan menemukan patung Ken Dedes, batu gong serta batu bata permukiman kuno.
Museum Malang Tempo Doeloe terletak di Jalan Gajah Mada, tepat di belakang Balai Kota Malang. Pengunjung dari kalangan umum dikenakan biaya masuk 15,000 rupiah sedangkan pelajar dan mahasiswa 10,000. Pengelola juga menyediakan paket belajar batik dan menjual topeng khas Malang sebagai souvenir.

Demikian artikel  Menyusuri Sejarah Kota Malang Di Museum Malang Tempo Doeloe. Semoga bermanfaat dan terima kasih