Bersepeda Di Kawah Gunung Papandayan Garut Jawa Barat

Bersepeda Di Kawah Gunung Papandayan Garut Jawa Barat.
Bersepeda Di Kawah Gunung Papandayan Garut Jawa Barat

Bila selama ini anda menggenjot pedal menuju puncak Papandayan melalui Kecamatan Cisurupan, Garut maka dapat dicoba untuk memilih jalur keberangkatan dari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Memulai perjalanan dari perkebunan teh Sedep, pedal terus dikayuh melalui Kampung Cibaturua. Teruslah menanjak hingga mencapai Camping Ground Pondok Salada yang dipenuhi bunga Edelweis.

Dari Pondok Salada sesaat lagi menuju puncak Papandayan yang berada 2664 meter diatas permukaan laut. Perjalanan dilanjutkan untuk menyeberangi kawah Papandayan. Inilah yang membedakan sesungguhnya Papandayan dengan trek sepeda gunung lainnya. Di bibir kawah, adrenalin kita akan meningkat tajam. Benak yang terpikir adalah ingin segera melewati kawah karena uap belerang yang terus mengepul dan juga berhadapan dengan jalur yang penuh bebatuan vulkanis. Sesekali sepeda terpaksa harus digotong oleh kita. Setelah sekitar 6 jam bersepeda kita akan tiba di Kecamatan Cisurupan.

Jika ingin merasakan sensasi luar biasa ini musim kemarau adalah waktu yang tepat karena bila musim hujan kabut tebal akan menghalangi pendangan kita dan terkadang juga memaksa uap belerang turun. Dan yang terpenting adalah pastikan gunung Papandayan dalam status aman karena gunung ini memiliki aktifitas vulkanik yang cukup tinggi.
Demikian artikel Bersepeda Di Kawah Gunung Papandayan Garut Jawa Barat. semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih