Menapak Keindahan 7 Gunung Tertinggi Indonesia

Menapak Keindahan 7 Gunung Tertinggi Indonesia. Keindahan dan kekayaan alam Indonesia sudah tidak terbantahkan lagi mulai dari dasar laut hingga puncak gunung. Di negeri tercinta ini memiliki gunung-gunung yang berdiri menjulang menghadirkan pemandangan dan pesona alam yang menakjubkan. Kita tentu patut bersyukur dan bangga sebagai bangsa yang telah dikaruniai aset yang tidak ternilai dan tentu wajib menjaga kelestariannya. 
Berikut adalah 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia yang perlu kita ketahui.

1.  Gunung Inerie – Nusa Tenggara Timur
Mendapat julukan sebagai gunung yang rendah hati sebab walaupun gunung ini sangat indah namun belum banyak dikenal orang. Puncak gunungnya mencapai 2,245 meter di atas permukaan laut merupakan gunung tertinggi di Pulau Flores, memiliki tipe strato vulcano dengan penampakan yang gagah, lancip dan menjulang. Titik awal pendakian berada di Kampung Adat Bena, Desa Tiworiwu, Kecamatan Aimere. Dimulai pada tengah malam dan mencapai puncak pada pagi hari menyaksikan matahari terbit. Kemudian turun mengambil jalur menuju pantai aimere di selatan. Dalam mitos masyarakat setempat, di puncak Inerie berdiam para dewa penjaga harmoni Flores. Salah satunya adalah dewa Jaramasi, yang dipercaya tinggal di sebuah batu besar di sisi selatan gunung. Hutan utuh ada di puncak dengan bermacam flora dan burung endemik.
2. Gunung Tambora – Nusa Tenggara Barat
Menginjakkan kaki di gunung tambora di Sumbawa Nusa Tenggara Barat ini akan menarik sebuah sejarah beratus tahun lalu. Dimana pada tahun 1815 letusannya yang amat dahsyat mampu mengguncang dunia dan mempengaruhi iklim global. Akibat letusan ini separuh puncaknya hilang sehingga tingginya kini adalah 2,851meter di atas permukaan laut. Akibat erupsi itu pula telah membentuk sebuah kawah besar berdiameter 7 kilometer dengan kelilingnya 16 kilometer. Di area kawah ini terhampar padang pasir tumbuh subur edelweis yang sangat indah. Pada tanggal 11 April 2015 wilayah ini telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Gunung Tambora.

3.  Gunung Bukit Raya – Kalimantan Barat
Gunung ini terletak di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Memiliki ketinggian 2,278 meter. Jalur pendakian menuju puncak sangat berat. Hutan lebat dan jarang dilewati, pacet hingga serangga akan menjadi tantangan dalam perjalanan. Diperlukan waktu tujuh hari mulai dari pendakian hingga kembali turun lagi. Akses menuju awal pendakian pun bukan perkara mudah. Dari Pontianak ibukota Kalimantan Barat menuju Kabupaten Sintang menggunakan bis menghabiskan waktu 12 jam. Dilanjutkan ke Serawai dengan speedboat sekitar 5 jam. Lalu ke sebuah kawasan hutan industri Tongta. Setelah itu menuju Kampung Rantau Malam. Ini belum cukup karena kita harus berjalan kaki selama 3 jam menuju batas hutan sebagai titik awal pendakian.

4.  Gunung Binaiya – Maluku
Kaki Gunung Binaiya di Pulau Seram maluku menjurai ke tepi laut. Binaoya memiliki ketinggian 3,087 meter di atas permukaaan laut menjadikan sebagai gunung tertinggi di Kepulauan Maluku dan salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Untuk menuju puncak harus menghadapi hutan lebat yang rapat, bukit berbatu yang licin dan terjal sehingga dalam melakukan pendakian harus didampingi oleh pemandu lokal. Dan tidak disarankan untuk pendaki pemula karena medannya yang sangat berat dan berbahaya ini. Titik awal pendakian adalah Pantai Piliana Seram dan akan memerlukan waktu 5 hari menuju puncak dan 3 hari untuk turun.
5.  Pegunungan Jayawijaya – Papua
Puncak Carstensz Pegunungan Jayawijaya berada pada ketinggian 4,844 di atas permukaan laut dan selalu diselimuti oleh salju. Termasuk dalam tujuh puncak tertinggi di dunia. Ada tiga jalur pendakian yaitu melalui Ilaga Nabire, Freeport Timika dan Sugapa Intan Jaya. Pendaki membutuhkan waktu tujuh hari untuk menuju base camp utama di Lembah Kuning. Pendakian dilanjutkan dengan memanjat tebing bebatuan granit setinggi 800 meter dan membutuhkan waktu 12 jam menuju puncak.
6.  Gunung Leuseur – Aceh
Telah lama para peneliti konservasi mengatakan Gunung Leuseur sebagai keajaiban alam yang sangat langka. Di sini tercatat 4000 jenis flora dan fauna yang tergolong langka hidup berdampingan. Mulai dari bunga raksasa Rafflesia Arnoldii hingga bunga bangkai Amorphophallus Titanium. Di hutan ini pula terdapat 5 mamalia besar yaitu gajah, harimau, badak, beruang madu dan orang utan. Perlu diketahui bahwa tidak ada satu pun ekosistem di dunia ini memiliki berbagai jenis mamalia sekaligus. Luar biasa. Untuk mengarungi firdaus yang sangai indah di Leuseur ini kita dapat menyusuri Sungai Alas yang membelah kawasan hutan leuseur lalu melanjtukan dengan mendaki gunung menuju puncaknya.
7.  Latimojong – Sulawesi Selatan
Pegunungan Latimojong membentang di tiga kabupaten provinsi Sulawesi Selatan. Enrekang, Palopo dan Tana Toraja. Puncak tertinggi nya bernama Rantemario yang berada di 3,478 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju puncak kita akan disasjikan pemandangan yang luar biasa mulai dari rimbunnya rimba hingga kabut jingga sang surya yang akan tenggelam.
Demikian artikel Menapak 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia. Terima kasih