Wisata Ziarah Ke Makam Syekh Mahmud Tapanuli Tengah Sumatera Utara

Wisata Ziarah Ke Makam Syekh Mahmud Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Kota kecamatan di Tapanuli Tengah ini memiliki banyak objek sejarah yang mengagumkan. Tidak hanya benteng Portugis saja, di daerah ini terdapat makam para ulama yang menjadi penyebar pertama agama Islam di Nusantara seperti Makam Mahligai dan Papan Tinggi. Ada juga kota kuno di Lobu Tua, yang menurut sejarah merupakan pemukiman pendatang dari berbagai belahan dunia pada abad ke 10.
Wisata Ziarah Ke Makam Syekh Mahmud Tapanuli Tengah Sumatera Utara
Makam Papan Tinggi yang terletak di Desa Penanggahan didirikan oleh presiden pertama Indonesia yaitu IR Soekarno. Syekh Mahmud Fil Hidratul Maut diyakini sebagai orang pertama yang membawa Islam ke Indonesia. Beliau wafat dan dimakamkan di sana. Makam ini disebut berasal dari tahun 34 hingga 44 hijriah atau sekitar abad 7 masehi. Sedangkan Makam Mahligai terletak di Desa Dakka, Kecamatan Barus Induk. Makam ini dibangun oleh Tuan Syekh Siddiq, yang juga dimakamkan di tempat tersebut bersama 200 lebih makam lainnya. Nisan pada makam tersebut dipahat dengan tulisan Arab Kuno dan Persia.

Kota di pesisir barat Sumatera ini merupakan penghasil kapur barus atau kamper dan rempah-rempah yang telah terkenal hingga ke Eropa dan Timur Tengah ini dapat dicapai melalui perjalanan darat dari kota Sibolga.

Demikian artikel Ziarah Ke Makam Syekh Mahmud Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih