Kerak Telor | Kuliner Khas Betawi Yang Legendaris

Kerak Telor | Kuliner Khas Betawi Yang Legendaris. Sejak dahulu selalu ada istilah untuk orang daerah yang datang ke ibukota, “Belum ke Jakarta bila tidak mengunjungiMonas”. Seharusnya kalimat ini dilengkapi lagi dengan “Belum ke Jakarta bila tidak makan kerak telor”. Kerak telor adalah kuliner khas betawi yang telah turun menurun dan menjadi primadona pada zamannya dan masih tetap ada hingga kini. Kerak menurut KBBI adalah lapisan yang kering keras atau hangus yang menempel pada benda lain. Dan sinilah faktor keunikan dari kerak telor karena memang tidak di goreng menggunakan minyak namun di bakar di atas tungku arang sehingga menghasilkan makanan yang nikmat dan lezat. Bahan-bahan untuk membuat kerak telor adalah beras ketan putih, telor ayam atau bebek, ebi atau udang kering, bawang goreng.
Modernnya perkembangan zaman membuat penjual Kerak telor saat ini sangat jarang kita temukan kecuali pada even dan kegiatan tradisional betawi seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) misalnya yang pasti dihadirkan oleh panitia sebagai bentuk pelestarian kebudayaan lokal. Walaupun demikian di beberapa sudut ibukota namun tidak sebanyak tukang dagang gorengan atau martabak yang jumlahnya sangat banyak.
Dan ini adalah salah satu pedagang yang mangkal di area Wisata Kota Tua :

Demikian artikel Kerak Telor | Kuliner Khas Betawi Yang Legendaris. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan bagi kita semua. Terima kasih