Ondel-Ondel Betawi | Tradisi Budaya Yang Tetap Jaya

Ondel-Ondel Betawi | Tradisi Budaya Yang Tetap Jaya. Siapapun pasti mengenal yang namanya ondel-ondel. Terutama yang menetap di Jakarta dan sekitarnya seperti Tangerang, Bekasi atau Depok. Sebuah boneka yang memiliki tinggi mencapai 3 meter dan lebar 80 meter pada bagian bawahnya. Bila anda mengunjungi anjungan DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah ondel-ondel akan menyambut kita di pintu gerbangnya. Atau saat ada perayaan besar seperti hari ulang tahun (HUT) Jakarta atau pelaksanaan Pekan Raya Jakarta (PRJ), ondel-ondel menjadi maskot yang wajib di tampilkan. Namun sering juga kita menyaksikan pertunjukan ondel-ondel yang keliling kampung atau istilahnya ngamen. Musik pengiring pertunjukan ondel-ondel ada berbagai macam mulai dari tanjidor, pencak betawi, bende, ning nong atau juga ketimpring.
Seperti yang terlihat di daerah Rawa Bambu Bekasi:
Bentuknya yang tinggi besar terkadang membuat anak-anak takut akan tetapi banyak pula yang berani bahkan berusaha untuk memegangnya. Dalam perkembangan sejarahnya fungsi dari ondel-ondel ini telah bergeser yang semula sebagai pengusir roh halus yang jahat kini lebih bersahaja dan tidak seseram dulu.
Karena mengikuti perkembangan jaman dan ondel-ondel pun telah menjadi alat promosi pariwisata bagi Jakarta. Oleh karena itu tidak mengherankan bila di banyak tempat wisata di Jakarta menghadirkan Ondel-ondel seperti Taman MiniIndonesia Indah (TMII), Kebun Binatang Ragunan, Monas atau juga Taman ImpianJaya Ancol.

Demikian artikel Ondel-Ondel Betawi | Tradisi Budaya Yang Tetap Jaya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tambahan wawasan kita semua.