Tembok Besar Cina | Simbol Kehebatan Bangsa Cina

Tembok Besar Cina | Simbol Kehebatan Bangsa Cina. Bangunan ini memiliki panjang sekitar 10,000 kilometer. Bila ingin membayangkan jaraknya untuk menyusuri The Great Wall mulai dari ujung yang satu yaitu Shanhaiguan di bagian timur Laut Cina hingga ke ujung yang satu lagi Jisayaguan di bagian tengah utara Cina membutuhkan waktu 4 kali bolak balik Jakarta dengan Denpasar Bali yang berjarak 2,500 kilometer.  Sungguh luar biasa, namun ini tidak mengherankan karena untuk membangunnya saja memerlukan waktu 3,000 tahun dengan total pekerja 300 ribu orang. Hingga kini Tembok Besar Cina merupakan salah satu keajaiban dunia.
Tembok Besar Cina | Simbol Kehebatan Bangsa Cina
Tembok Besar Cina dibangun dengan tujuan utama untuk menahan serangan musuh dari utara yaitu bangsa Nomad. Memiliki tinggi 8 meter, lebar pada bagian atas 5 meter sedangkan lebar bagian bawahnya 8 meter. Bangunan ini juga menjadi lambang dari ketekunan dan tekad baja bangsa Cina sejak masa lalu dan tercermin hingga kini yang telah menjadi raksasa dunia di berbagai bidang seperti ekonomi, militer atau olahraga.

Tembok Besar Cina merupakan salah satu tujuan wisata utama cina. Lokasi yang menjadi favorit para turis yang datang adalah shanhaiguan yang disebut juga dengan Old Dragon’s Head yang memang mirip dengan kepala naga, hewan yang sangat sakral bagi rakyat cina.. Di sini terdapat beberapa bagian yang sangat menarik yaitu Estuary Stone City, Menara chenghai, nereus temple, jinglu beacon tower, nanhaikou pass, ningchai city dan binhai wall.

Di indonesia pun terdapat sebuah bangunan yang mirip dengan tembok besar cina namun dengan ukuran yang kecil tentunya yaitu Janjang KotoGadang.

Demikian artikel Tembok Besar Cina | Simbol Kehebatan Bangsa Cina. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan sahabat tercinta. Terima kasih