Daftar Rumah Makan Legendaris Di Sumatera Barat

Daftar Rumah Makan Legendaris Di Sumatera Barat. Saat perjalanan pulang kampung adalah saat yang paling mengesankan dan menyenangkan bagi kita semua. Menggugah kembali kenangan yang pernah kita lewati bersama keluarga, teman dan sahabat. Cukup banyak tempat-tempat yang pernah kita singgahi menorehkan pengalaman yang sangat dalam. Salah satu caranya adalah dengan menikmati kuliner khas daerah tersebut. Berikut adalah daftar Rumah Makan Legendaris yang ada di Sumatera Barat.
RUMAH MAKAN LAMUN OMBAK, Jalan Raya Padang Panjang Bukittinggi, Padang Panjang

Rumah makan besar yang salah satu cabangnya dapat anda jumpai ketika perjalanan dari Bandara Minangkabau menuju Bukittinggi ini. Seperti kebanyakan restoran di Sumatera Barat yang menyediakan berbagai menu Minang dari rendang daging hingga beragam gulai. Cara penyajian di sini adalah dengan mengeluarkan semua jenis lauk dalam satu meja kita hanya tinggal pilih saja. Beberapa menu yang menarik dalah pangek atau gula ikan dan ayam serta pangek asem padeh tarang-tarang yakni gulai ikan asam pedas. Ada juga bubur kampiunyaitu campuran ketan hitam, bubur candil, bubur sumsum, kolak pisang dan kuah santan.

Daftar Rumah Makan Legendaris Di Sumatera Barat
LAPAU NASI ZUL NASIR, Jalan Pasar Bandar Buat Padang
Rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1942 dan terkenal dengan sajian gulai korma, gulai sapi atau kambing yang kuahnya berwarna hijau. umumnya disajikan dalam acara akikah di Padang. Gulai ini tidak pedas namun rasa rempah-rempahnya kuat. Menu andalan lain dari tempat ini adalah rendang daging, gulai kikil, pangek masin (gulai ikan), gulai babat dan gulai telur campur tunjang. Lokasi restoran ini terletak 7 kilometer dari Pasar Bandar Buat.

RUMAH MAKAN PAK MALIN, Bungus, Teluk Kabung, Padang

Rumah makan ini berjarak tempuh sekitar satu setengah jam dari kota Padang ke arah selatan. Letaknya tidak jauh dari Pantai Caroline dan  berdiri persis di antara sawah-swah penduduk yang memberikan panorama persawahan hijau. Restoran ini menawarkan menu utama gulai lauak karang (gulai ikan karang) seperti kakap merah atau kerapu. Ikannya segar dan kuah kuningnya tidak terasa pedas.
RUMAH MAKAN PANGEK SITUJUAH “OR”, Jalan Khatib Sulaiman Limbukan, Payakumbuh
Tidak banyak rumah makan besar di Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh kota. Salah satu yang terkenal adalah Pangek Situjuah “OR” dengan menu utama pangek (gulai) dan sebetulnya berasal dari Kecamatan Situjuah Lima Nagari. Rumah makan ini menawarkan gulai ikan dan daging serta rendang daging. Pengunjung juga akan mendapat suguhan panirama persawahan dan bukit-bukit hijau yang mengelilingi
KEDAI NASI PAUH, Jalan Dr. M Jamil Pariaman
Rumah makan ini bernama Pauh karena pertama kali berdiri di Desa Pauh, Kota Pariaman. Menu utamanya adalah gulai ikan karang, seperti kakap dan gabuah (ikan kuwe). Santannya encer dan bumbunya tidak dihaluskan tapi hanya dihancurkan seperlunya sehingga kita masih dapat melihat jelas bumbu tersebut seperti asam kandis, bawang merah, dan bawang putih. Bahkan cabe rawitnya pun hanya ditaburkan. Ini yang membuat lauk ini tidak pedas dan rasa santannya datar saja tapi daging ikannya segar
LONTONG KAS, Jalan Jhoni Anwar 32, Lapai, Padang
Lontong sayur aadalah menu sarapan orang Minang. Rumah makan kecil ini termasuk yang paling popoler di Padang untuk menyantap lontong sayur. Setiap pagi orang antre untuk membelinya karena rumah makan ni kas ini hanya buka pukul 07 hingga11 saja. Menu utamanya adalah lontong sayurpakis, yang sebenarnya gulai pakis yang dimakan dengan lontong. Isinya sederhana yaitu kauh santan, lontong, sedikit potongan daging, potongan nangka, pakis dan kerupuk. Kuahnya tidak kental dan rasanya sedikit pedas.

Demikian artikel Daftar Rumah Makan Legendaris Di Sumatera Barat. semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi rekan-rekan semua. Terima kasih