Ternyata Terdapat Hubungan Antara Kuliner Minang, Afrika Dan India

Ternyata Terdapat Hubungan Antara Kuliner Minang, Afrika Dan India. Mendengar Minangkabau tentu langsung tertuju pada kulinernya yang terkenal lezat dan nikmat. Salah satunya adalah rendang. Rendang pada dasarnya adalah racikan santan dan berbagai ragam bumbu dengan isi mulai dari daging, telur hingga singkong. Hingga terciptalah rendang daging, rendang telur, rendang suwir, rendang singkong hingga rendang bakso. Rendang bakso disebut yang paling sulit membuatnya. Bila saat dibulatkan tidak kuat, daging akan pecah dan menjadi bumbu semua. Kalau ada yang pecah satu maka akan pecah semua. Untuk rendang runtiah mula-mula memasak santan lalu daging sapi yang telah disuwir-suwir (runtiah) dimasukkan ke dalamnya. Daging dimasak bersamaan agar bumbu semakin meresap ke dalamnya.
Ternyata Terdapat Hubungan Antara Kuliner Minang, Afrika Dan India
Selain rendang, lauk utama orang Minang adalah gulai. Kuahnya dari santan yang dimasak di kuali. Isinya dapat berupa ikan atau daging. Bumbunya tergantung selera juru masaknya. Seperti ketumbar, jintan, jahe, asam jawa, laos, pala, cengkeh, kunyit, kulit kayu manis, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun serai dan daun limau. Banyaknya bumbu ini mengindikasikan terdapat budaya India di dalamnya.

Hubungan antara Minangkabau dengan Afrika dan India yang telah lama terjadi disebabkan adanya arus dan angin yang berputar bolak-balik antara pantai barat Sumatera ke India dan Afrika. Enam bulan sekali, kapal orang pantai barat Sumetara bisa diantar arus ke India, lalu ke Afrika. Enam bulan berikutnya sebaliknya, dari Afrika, India, lalu ke pantai barat Sumatera.

Salah satu jenis masakan Minang yang paling jelas keterkaitannya dengan india adalah gulai korma. Gulai ini tidak mengandung korma, tetapi namanya mirip dengan korma india, semacam kari daging, atau ikan dengan kuah yoghurt. Gulai kurma  adalah gulai daging atau ikan dengan kuah santan yang banyak mengandung rempah. India Utara tidak memakai santan. Sedangkan India Selatan menggunakannya. Ini menjelaskan bahwa pengaruh budaya india di sumatera itu datangnya dari India Selatan.
Silahkan simak artikel menarik lainnya tentang pesona ranah Minang : Rumah Adat Baajuang, Taman marga satwa Kinantan atau juga Ngarai Sianok Bukittinggi

Demikian artikel Ternyata Terdapat Hubungan Antara Kuliner Minang, Afrika Dan India. Semoga bermanfaat dan menjadi  tambahan wawasan bagi kita semua. Terima kasih