Patriotisme Semu Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Patriotisme Semu Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Beberapa hari lagi kita bangsa Indonesia akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus yang tahun 2016 ini menginjak pada angka 71. Sebuah kebebasan dari belenggu penjajahan yang menjadikan negara kita sebagai negara yang berdaulat dan diakui oleh bangsa lainnya di seluruh dunia. Seperti tradisi pada tahun-tahun sebelumnya dimana perayaan ini diisi dengan berbagai dengan kegiatan dari mulai yang formal atau resmi seperti upacara bendera hingga acara yang meriah seperti mengadakan berbagai lomba olahraga, pawai, membuat tumpeng dan sebagainya.
Salah satu kegiatan tujuhbelasan di daerah Rawa Bambu – Bekasi
Semuanya dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah membela tanah air hingga menjadikan Indonesia seperti saat ini. Namun dibalik itu semua ada hal yang cukup miris dan memprihatinkan. Dimana untuk menggalang dana dalam rangka memeriahkan kemerdekaan mereka memilih cara meminta sumbangan di tengah-tengah jalan raya. Dengan spanduk dan musik yang seadanya mereka menyodorkan kerdus bekas untuk meminta uang alakadarnya.
Penggalangan dana seperti ini tentu sangat berbahaya. Baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Mungkin ada cara alternatif lain yang lebih aman dan elegan seperti menjual produk-produk bernuansa kemerdekaan seperti bendera, kaos, pertunjukan seni atau mungkin paket makanan ringan yang dikemas menarik sehingga orang lainpun tertarik untuk membeli sekaligus mendukung perayaan kemerdekaan.
Dalam hal ini penulis tidak dalam posisi menghakimi cara penggalangan dana di jalanan adalah benar atau salah. Namun mencoba mengkaji fenomena yang ada dan memberikan gambaran bahwa untuk tujuan yang baik dan benar bila dilakukan dengan kurang tepat akan menjadi polemik. Selamat hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia ke 71. Sekali merdeka tetap merdeka. Terima kasih.