Perjalanan Liburan Ke Pantai Pidakan dan Srau Pacitan

Perjalanan Liburan Ke Pantai Pidakan dan Srau Pacitan. Saat libur sekolah tiba aku dan keluarga tidak sabar untuk pergi pulang kampung untuk berlibur. Liburan kali ini sekaligus untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Kami sekeluarga pergi ke daerah yang berada di Jawa Timur. Kampung halaman kami adalah Pacitan. Tentu teman-teman sudah tidak asing lagi yak arena di sini adalah kota kelahiran mantan presiden Republik Indonesia yaitu bapak Bambang Susilo Yudoyono yang akrab disapa dengan SBY.
Malam sebelum keberangkatan kami pun menyiapkan semua hal yang dibutuhkan saat nanti pulang kampung. Akhirnya pagi yang ditunggu-tunggu pun tiba, hari dimana kami sekeluarga akan pulang kampung ke kampung halaman. Sebelum berangkat kami mengecek semua keperluan. Kami juga tidak lupa mengecek keadaan kendaraan kami agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah semua keperluan dan persiapan siap, akhirnya kami sekeluarga berangkat ke kampung halaman kami. Sebelum perjalanan juga kami tidak lupa untuk berdoa meminta perlindungan kepada Allah SWT agar terlindung dari suatu bahaya.

Kami menempuh perjalanan sekitar 18 jam, ditambah dengan makan, istirahat, dan yang lain-lain mungkin dapat menjadi 22 jam. Selama diperjalanan kami banyak membicarakan sesuatu, mendengarkan musik, dan yang lain-lain. Setelah perjalanan yang memang melelahkan, akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Kami sampai pada sore hari menjelang malam.
Sebelum beristirahat dirumah, kami mampir di sebuah warung yang ada di pinggir jalan, yaitu warung sate tahu. Sate tahu adalah makanan yang bahan dasarnya adalah tahu karena memang namanya sate tahu. Tahu yang sudah dipotong lalu diisi dengan daging atau semacamnya, hingga akhirnya dibakar dan jadilah sate tahu. Sate tahu di daerah ini memang terkenal lezat dan harganya terjangkau. Tidak jarang orang-orang berdatangan hanya untuk mencoba sate tahu ini. Aku sarankan untuk semua yang membaca ini, jika datang ke daerah Pacitan, jangan lupa mencoba sate tahu yang ada disini, ditambah dengan wedang jahe juga boleh.
Setelah selesai beristirahat dengan sate tahu dan wedang jahe, kami langsung berangkat ke rumah. Sesampainya kami dirumah sodara kami, kami bersalam-salaman terlebih dahulu. Lalu kami membereskan barang-barang kami dan istirahat. Setelah sekitar dua hari beristirahat, om mengajak kami pergi ke tempat wisata di Pacitan.
Pacitan memang selain terkenal dengan batu cincin keladen juga dengan keindahan pantainya, ada banyak pantai disini, salah satunya yang paling terkenal adalah Pantai Soge kalo tidak salah. Ada juga pantai lain yang indah, seperti Pantai Klayar, Pantai Pidakan, Pantai Srau, dan yang lain-lain. Kebetulan kemarin kami hanya mengujungi Pantai Pidakan dan Pantai Srau.
Pantai Pidakan adalah pantai yang tidak mempunyai pasir namun mempunyai bebatuan yang indah, bebatuan disini beragam ukuran dan bentuknya sehingga kami dilarang untuk berenang. Tetapi bukan berarti kami harus berkecil hati karena dilarang berenang. Pemandangan di Pantai Pidakan ini sangat indah ditambah dengan bebatuan dan ombak. Pantai ini setiap liburan memang ramai dikunjungi wisatawan dari dalam kota maupun luar kota. Di sini juga sudah banyak pedagang yang menjualkan minuman dan makanan bila pengunjung haus. Pada perayaan tertentu juga terkadang pantai ini akan membangun panggung untuk menghibur pengunjung.
Selain ke Pantai Pidakan, kami sekeluarga juga pergi ke Pantai Srau. Pantai ini mempunyai pasir putih yang sangat indah. Pantai ini juga sangat luas, sehingga kita harus naik kendaraan jika tidak mau kecapean. Pantai ini juga dipisahkan oleh tebing yang sangat tinggi, sehingga pantai ini terbagi menjadi beberapa bagian. Namun, karena jaraknya yang lumayan jauh, belum banyak yang mengetahui pantai ini.
Saat berada di Pacitan jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata menarik lainnya seperti Goa Gong dan Goa Jaran.
Mungkin dicerita ini hanya itu saja yang bisa aku ceritakan dalam liburanku kali ini. Jika kalian ingin liburan, aku merekomendasikan Kota Pacitan sebagai destinasi liburan keluarga, apalagi dengan keindahan pantainya karena sangat cocok jika berlibur kesini dengan keluarga maupun dengan teman dekat.