Rute Bekasi Ke Cianjur Lewat Citeureup Sukamakmur

Rute Bekasi Ke Cianjur Lewat Citeureup Sukamakmur. Perjalanan dari Bekasi ke Cianjur memang cukup banyak jalurnya diantaranya lewat Puncak via Bogor, Puncak via Bukit Pelangi atau melalui Jonggol. Namun cukup disayangkan pada tahun 2017 ini jembatan Cipamingkis yang menghubungkan Jonggol dengan Cariu ambles yang menyebabkan kita tidak dapat melaluinya sehingga harus berputar ke Cibarusah. Karena tidak ingin melewati jalur Puncak saya coba cari info rute alternatif yang dapat dilewati. Ternyata ada yang cukup menarik dan membuat penasaran yaitu lewat Sukamakmur Citeureup.

Rute Bekasi Ke Cianjur Lewat Citeureup Sukamakmur memang masih terasa asing walaupun ternyata sudah cukup lama digunakan dan menjadi semakin ramai setelah ada objek wisata air terjun atau curug Cipamingkis dan Cibeet. Baiklah kita mulai saja perjalanan yang akan dibagi menjadi 5 etape agar tidak membingungkan.

Etape 1 : Bekasi – Citeureup

Berangkat dari Bekasi kita lewat Bantar Gebang – Cileungsi – Gunung Putri  hingga sampai Citeureup. Tidak terlalu banyak yang dibahas untuk jalur ini karena rekan-rekan pasti sudah hafal dan sangat familiar. Yang menjadi catatan adalah saat berada di pasar Citeureup dan sebelum Polsek Citerueup atau perempatan Citeureup ada pertigaan ke arah Tajur kita ambil kiri. Biar ngga kelewatan saat di pasar Citeureup tanya saja arah Tarikolot atau kebun wisata Pasir Mukti.

Etape 2 : Citeureup – Sukamakmur

Dari pasar Citeureup ini kita lanjutkan ke arah Tarikolot lurus saja terus menuju daerah Tajur. Kondisi jalan di sini banyak lubang dan lebar jalan mulai menyempit jadi harus lebih hati-hati karena cukup ramai juga kendaraan. Setelah melewati kantor desa Tajur dan jembatan yang cukup besar ada tugu perbatasan Citeureup dan Sukamakmur akan betemu dengan jalan bercabang kita ambil kiri menuju pasar Sukamakmur.

Etape 3 : Sukamakmur – Air Terjun Cipamingkis

Jalur inilah yang sangat mengesankan karena akan melewati area perbukitan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dimana tebing-tebing yang menjulang, area perkebunan yang menghijau berada di kanan kiri kita. Kondisi jalan berkelak-kelok namun sangat mulus tetapi tetap harus berhati-hati. Menjelang objek wisata curug Cipamingkis, kita harus waspada karena melalui tanjakan yang sangat curam dan kondisi jalan yang berlubang sehingga dibutuhkan kemampuan ekstra untuk melewatinya.

Silahkan disimak videonya saat kendaraan melintasi tanjakan curam:

Di curug Cipamingkis ini kita cuma mampir aja dan tidak sempat masuk karena cuaca yang gerimis dan waktu sudah terlalu siang.

Etape 4 : Air Terjun Cipamingkis – Taman Bunga Cipanas

Air terjun Cipamingkis atau masyarakat di sini menyebutnya dengan Pines mungkin karena banyak pohon pinusnya,  seperti berada di posisi puncaknya atau paling tinggi karena setelah ini jalan akan menurun. Pemandangan di sini tentu saja sangat indah karena kita berada di paling atas dan udaranya dingin pegunungan. Namun sayang kondisi jalan tidak mulus dan berbatu sehingga dibutuhkan tenaga ekstra  dan cukup melelahkan. Setelah melewati jalan desa Loji dan Hanjawar kita akan bertemu jalan utama. Ke kiri Taman Bunga Cipanas sedangkan ke kanan menuju jalan utama Puncak – Cianjur.

Bergaya dulu di depan maskot Taman Bunga Cipanas

Etape 5 : Taman Bunga Cipanas – Cianjur

Kami sempatkan untuk masuk ke Taman Bunga Cipanas sekaligus untuk berisirahat. Dari gerbang  taman bunga cipanas kita ambil kiri dan akan keluar di pasar Cipanas atau istana Cipanas. Dan langsung dilanjutkan menuju Cianjur.

Berikut adalah beberapa catatan yang perlu diperhatikan untuk perjalanan :

• Jangan melewati rute ini di malam hari karena tidak ada penerangan jalan terutama saat di daerah hutan
  • Kondisi kendaraan harus benar-benar bagus terutama ban dan rem. Jangan lupa mengisi bensin.
  • Jangan malu bertanya karena rambu penunjuk arah sangat minim
  • Siapkan alat dokumentasi seperti kamera dan HP karena sepanjang perjalanan banyak sekali spot dan objek  yang sangat indah dan menarik

Demikian artikel Rute Bekasi Ke Cianjur Lewat Citeureup Sukamakmur. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih