Mengunjungi Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini

Mengunjungi Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini. Bagi kita yang gemar membaca, perpustakaan tentu merupakan semacam surga karena di sini menyediakan berbagai macam media membaca mulai dari buku, majalah, koran dan koleksi KCKR (karya cetak dan karya rekam). Salah satu perpustakaan yang ada di Jakarta adalah Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Cikini yang beralamat lengkap di Jalan Cikini Raya No 73, Komplek Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Untuk jam buka  Senin hingga Minggu mulai jam 9 pagi hingga 8 malam.

Putri kami yang saat ini duduk di bangku SD kelas 5 sangat antusias untuk datang ke Perpustakaan Umum Cikini ini. Dari bekasi kami naik KRL dan turun di stasiun Cikini. Dari stasiun kami memilih menggunakan bajaj dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja sudah sampai di Komplek Taman Ismail Marzuki (TIM). Gedungnya berdampingan dengan Planetarium dan Galeri Cipta. Walau sudah 2 kali ke Planetarium kami baru menyadari ada perpustakaan di sini, mungkin karena letaknya berada di pojokan sehingga tidak terlihat.

Perpustakaan Umum Daerah Cikini ada 4 lantai dimana setiap lantainya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pertama kita memasuki lantai dasar dan disambut dengan ramah oleh petugas keamanan yang menanyakan tujuan kita dan mengisi tamu terlebih dahulu. Lalu beliau akan mengarahkan ke tempat layanan sirkulasi. Di sini kita harus menitipkan barang bawaan kita seperti tas, jaket dan semacamnya. Barang berharga seperti HP atau dompet boleh dibawa. Tanpa perlu menjadi anggota kita dipersilahkan untuk masuk ke ruang baca yang berada di lantai 1, 2 dan 3.

Sebelum memasuki ruang baca alangkah baiknya membaca terlebih dahulu peraturannya ya

Di lantai 1 terdapat layanan koleksi umum untuk remaja dan dewasa.

Sang putri yang sudah tidak sabar langsung mengajak ke lantai 2 yang merupakan layanan anak dimana tersedia banyak sekali buku pendidikan dan buku cerita anak.

Yang unik dan menarik di sini juga terdapat playground untuk anak usia 5 tahun ke bawah.

Kalau di lantai 3 isinya buku-buku referensi, koran, majalah dan KCKR.

Untuk berpindah lantai disediakan lift sehingga kita tidak terlalu capek naik turun tangga.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 4 jam, kami memutuskan untuk pulang walau pun sang putri merajuk karena masih betah. Stelah dibujuk kita akan kembali lagi ke sini barulah dia mengerti.

Besar harapan penulis kepada pengelola Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta Cikini terus menambah koleksi buku nya terutama buku untuk anak-anak sehingga mereka semakin tertarik untuk terus datang ke perpustakaan. Sampai jumpa lagi. Ayo kita ke perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *