Gunung Di Dunia Yang Dianggap Suci Oleh Masyarakat

Gunung Di Dunia Yang Dianggap Suci Oleh Masyarakat. Gunung Agung yang terletak di Bali yang saat ini tengah erupsi dipercaya sebagai pusat dari jagat raya oleh orang Bali. Gunung dengan ketinggian 3,142 meter ini berdiri gagah di bagian timur Bali. Di lereng gunung ini berdiri sebuah pura terbesar yaitu pura Besakih. Di belahan lain dunia pun masih terdapat juga gunung-gunung yang dipercaya oleh masyarakat dan golongan tertentu sebagai tempat suci.

Berikut adalah gunung-gunung di dunia yang dianggap suci oleh masyarakat tersebut

  1. Gunung Everest – Nepal

Everest merupakan salah satu bagian dari pegunungan Himalaya yang tertutup oleh salju abadi. Orang Tibet percaya gunung ini sebagai sumber dari alam semesta sedangkan orang Nepal menyebutnya sebagai Dewi Langit. Gunung yang memiliki tinggi 8,848 meter di atas permukaan laut ini menjadikannya sebagai gunung dengan puncak tertinggi di dunia. Para pecinta alam maupun turis banyak yang datang dan mencoba untuk mencapai puncaknya hingga cukup banyak film yang mengangkat kisah petualangan di gunung ini.

2. Gunung Salib Suci Colorado – Amerika Serikat

Memiliki ketinggian 4,267 terletak di bagian utara Sawatch. Nama salib suci diambil dari bagian salju yang membentuk salju di bagian timur gunung ini. Fenomena ini diabadikan oleh seorang fotografer William Henry Jackson pada tahun 1873. Tempat ini sangat populer dan menjadi sebagai tempat ziarah para umat nasrani.

3. Gunung Fuji – Jepang

Puncak gunung yang selalu di selimuti salju ini disakralkan umat Shinto dan Buddha. Saat musim pendakian pada bulan Juli dan Agustus ratusan ribu orang mendaki gunung ini. Gunung Fuji yang memiliki ketinggian 3,776 meter ini dipercaya sebagai istana Dewi Api oleh agama Shinto sedangkan oleh agama Buddha merupakan istana Dewa Matahari atau Danichi Nyorai

4. Gunung Nebo – Yordania

Berdasarkan kitab suci perjanjian lama, gunung ini adalah tempat nabi Musa menemukan tanah yang dijanjikan Tuhan. Dari gunug Nebo ini kita dapat memandang laut Mati, Betlehem, Yeusalem, Sungai Yordan, Yeriko dan Gunung Olive

5. Gunung Olimpus – Yunani

Yunani yang mendapat julukan negeri para dewa ini memliki gunung Olimpus dan dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa mitos yunani dan menjadi singasana dewa Zeus. Memiliki ketinggian 2919 dengan koleksi sekitar 1700 spesies jenis flora.

6. Gunung Kailash – Cina

Ribuan umat Hindu, Buddha, Jain dan Bonpo melaksanakan perjalanan suci ke Darchen yang masuk kawasan Himalaya untuk melakukan Kora yaitu ritual mengelilingi gunung Kailash sebagai bentuk untuk menghapus dosa selama hidup di dunia.

7. Gunung Croagh Pattrick – Irlandia

Setiap tahunnya hampir 1 juta peziarah melakukan perjalanan suci untuk berdoa di puncaknya. Mereka berpartisipasi dalam ibadah. Bangsa Celtic pra kristen menganggap dewa Crom Dubh  bersemayam di gunung ini. Hal ini terinspirasi dari Santo Patrick yang merupakan penyebar agama kristen di Irlandia melakukan perjalanan selama 40 hari dengan berpuasa dan berdoa di puncak gunung ini.

8. Puncak San Fransisco Arizona – Amerika Serikat

Puluhan suku asli Amerika meyakini bahwa rangkaian gunung api di hutan nasional Coconino merupakan tempat yang sakral termasuk puncak Hopi yang dipercaya didiami oleh orang-orang Kachina. Mereka sangat melindungi tempat ini agar tidak rusak oleh orang-orang sehingga tidak ada jalan langsung untuk mencapai puncaknya.

9. Puncak Popocatepel – Meksiko

Puncak gunung api ini terletak 72 km tenggara Mexico City dan memiliki pengaruh besar di legenda suku Aztec dan suku lokal Nahua. Gunung ini biasa di sebut El Popo yang berarti  sesuatu yang hidup dan bernapas. Di abad ke 16 para misionaris dari Spanyol memasuki Meksiko lalu membangun 14 gereja di lembah El Popo. Peninggalan ini menjadi salah satu situs warisan budaya yang dilindungi Unesco.

Demikian artikel Gunung Di Dunia Yang Dianggap Suci Oleh Masyarakat. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan bagi kita semua. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *