Jalur Ekstrim Ke Curug Cipamingkis Sukamakmur Bogor Lewat Jonggol

Jalur Ekstrim Ke Curug Cipamingkis Sukamakmur Bogor Lewat Jonggol. Pada artikel sebelumnya saya pernah mengulas tentang “Rute Bekasi Ke Cianjur Lewat Citeureup Sukamakmur” namun belum sempat masuk dan menikmati wisata di Curug Cipamingkis. Kemarin kami berniat untuk datang ke sana. Walaupun ada sedikit keraguan yang menghinggapi karena jalur yang sangat ekstrim terutama dari pasar Sukamakmur hingga lokasi. Selain fisik yang perlu diperhatikan juga kondisi kendaraan harus benar-benat fit jangan sampai mogok di jalan.

Perjalanan Menuju Curug Cipamingkis

Bila sebelumnya kami lewat Citeureup maka kali ini saya akan mencoba lewat Jonggol. Pertemuan antara ke dua jalur ini adalah pasar Sukamakmur. Bila dari Bekasi memang lebih dekat lewat Jonggol. Berangkat dari Bekasi kami memilih jalur Jalan Raya Serang – Cibarusah. Kita dapat singgah di Taman Buaya Indonesia Jaya.┬áDapat juga melalui jalur Cileungsi namun lalu lintas antara Flyover Ciluengsi hingga Cibarusah kemacetannya sangat parah.

Sampai di pertigaan Cibarusah ambil kiri menuju Jonggol lalu akan bertemu SPBU atau POM bensin di jalan bercabang ambil kanan aja menyusuri jalan Jonggol kota. Sebagai informasi ini adalah SPBU terakhir karena tidak akan ada lagi hingga Cipamingkis. Kecuali tukang bensin eceran. Setelah PLN akan ada papan petunjuk menuju Sukamakmur, kita belok kanan. Ikuti terus jalannya, di sini kita akan bertemu pertigaan gapura desa Cibodas. Kita ambil yang kiri, kalau lurus menuju Jonggol Garden.

Pertigaan Desa Cibodas

Setelah itu kita akan melintasi jalan raya Dayeuh. Kewaspadaan harus ditingkatkan karena lebar jalan menyempit dan treknya mulai memasuki persawahan dan perbukitan yag memerlukan konsentrasi tinggi ditambah beberapa bagian jalan berlubang yang cukup dalam yang sangat membahayakan terutama sepeda motor.

Kami sempat mampir di sebuah sungai yang dijadikan semacam wisata lokal. Cukup banyak warung-warung di pinggir jalan. Sangat cocok untuk istirahat sejenak di sini. Selain makan minum juga bermain air. Namun tetap hati-hati karena kondisi sungai tidak ada pengamanan sama sekali.

Perjalanan ke Curug Cipamingkis

Perjalanan berlanjut melewati desa Sukajaya. Dan akan sampai di pasar Sukamakmur kita ambil kiri. Jangan khawatir karena ada papan petunjuknya. Dari sini perjalanan ekstrim akan dimulai. Tanjakan dan tikungan tajam akan banyak kita jumpai. Ada beberapa desa yang akan kita lintasi yaitu desa Sirnajaya dan Wargajaya.

Cukup banyak kita jumpai motor dan mobil yang tersendat karena tidak mampu untuk naik di tanjakan. Sehingga penumpangnya turun terlebih dahulu untuk mengurangi beban.

Curug Cipamingkis

Akhirnya kita sampai juga di Curug Cipamingkis. Total jarak yang kami tempuh adalah 60 kilometer. Dan memakan waktu sekitar 5 jam. Berangkat pukul 8 pagi tiba di lokasi jam 1 siang. Cukup lama juga ya? Tentu saja karena kami memang niatnya jalan-jalan jadi dibawa santai, bila dihitung ada sekitar 10 kali istirahat. Yang penting happy aja. Karena saat pulang dengan 1 kali istirahat hanya memakan waktu 2,5 jam saja.

Demikian artikel Jalur Ekstrim Ke Curug Cipamingkis Sukamakmur Bogor Lewat Jonggol. Semoga bermanfaat dan terima kasih