Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | Pendidikan Kewarganegaraan SD

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | Pendidikan Kewarganegaraan SD

A. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Negara kesatuan adalah negara yang merdeka dan berdaulat dimana di seluruh wilayah negara hanya ada satu pemerintahan pusat yang berkuasa yang mengatur seluruh daerah. Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ditandai dengan proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Sejak saat itu bangsa Indonesia mulai berbenah menyusun pemerintahan yang sah

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki rasa kesatuan dalam hidup bermasyarakat, saling bersatu sebagai sesama masyarakat dalam satu negara dan saling membantu karena manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri dalam suatu wilayah negara. Wilayah negara Indonesia berupa kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

1. Bentuk Negara

Dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1 disebutkan ” Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik”

2. Letak Negara

Secara geografis Indonesia terletak diatara dua benua yaitu benua asia dan benua australia dan juga dikelilingi oleh 2 samudera yaitu samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia terletak di 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BB. Wilayah Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa. Oleh karena itu Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau.

3. Lagu Kebangsaan

Lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya yang diciptakan oleh WR Soepratman

4. Dasar Negara

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila

5. Batas-Batas Negara

Utara : Malaysia, Singapura Filipina

Timur : Papua Nugini, Samudera Pasifik

Selatan : Australia, Timor Leste

Barat : Samudera Hidiia

B. Menjaga Persatuan Dan Kesatuan NKRI

Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika . Yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Meskipun Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan beraneka ragam budaya, bangsa Indonesia tetap merupakan satu bangsa dan kesatuan.

Semboyan ini mengkokohkan Indonesia sebagai bangsa yang bersatu, bangsa yang mau menghargai perbedaan dan bangsa yang senantiasa menghormati keragaman budaya yang berpijak pada niai-nilai pancasila sebagai dasar negara

Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan rintisan perjuangan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Teks sumpah pemuda berisi tentang satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air yaitu Indonesia. Dengan ikrar inilah maka perjuangan yang masih bersifat kedaerahan bersatu padu mewujudkan suatu kesatuan dalam menggalang kekuatan.

Semangat persatuan dan kesatuan tersebut yang akhirnya membuahkan kemerdekaan. Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bukanlah tujuan akhir namun hanya alat untuk mewujudkan tujuan negara Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat adil dan mekmur

C. Mempertahan Keutuhan NKRI

Hal yang harus kita tanggulangi dalam rangka mempertahankan keutuhan negara kesatuan Indonesia adalah ancaman yang merupakan suatu usaha dan kegiatan baik dari dalam maupun luar negeri yang dinilai mengancam atau membahayan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negar dan keselamatan segenap bangsa.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai warga negara untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI adalah berpartisipasi dalam upaya menjaga keutuhan wilayah dan bangsa Indonesia. Berpartisipasi artinya turut serat atau terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang dapat menjaga keutuhan wilayah dan bangsa Indonesia

Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia diperlukan sikap-sikap:

1. Cinta Tanah Air

Adalah perasaan cinta terhadap bangsa dan negara nya sendiri. Cinta tanah air antara lain dapat diwujudkan dengan :

a. menjaga kelestrarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan

b. mengolah kekayaaan alam dengan menjaga ekosistem untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat

c. rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu untuk diabdikan kepada negara

2. Membina Persatuan Dan Kesatuan

Semangat persatuan dan kesatuan pentiing dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Keutuhan NKRI akan terancam jika persatuan dan kesatuan itu goyah.

3. Rela Berkorban

Adalah sikap dan perilaku yang tindakannya dilakukan dengan iklas serta mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri. Untuk menanggulangi gangguan dan ancaman keamanan baik dari dalam maupun luar negeri Indonesia membentuk tetara yang terdiri atas angkatan darat (AD), angkatan laut (AL) dan angkatan udara (AU)

D. Kekayaan Indonesia

Indonesia yang terdiri dari beribu pulau membuat Indonesia kaya akan beragam suku bangsa dan bahasa daerah. Selain itu Indonesia terletak pada daerah tropis memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat. Tanah Indonesia yang luas dan subur juga menjadikan Indonesia kaya akan tumbuhan dan hewan.

Demikian materi tentang Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) | Pendidikan Kewarganegaraan SD. Semoga bermanfaat dan selamat belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *