Mengunjungi Anjungan Daerah Aceh Taman Mini Indonesia Indah TMII

Mengunjungi Anjungan Daerah Aceh Taman Mini Indonesia Indah TMII. Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tempat wisata menarik di Jakarta yaitu Anjungan Daerah Aceh yang berada di Taman Mini Indonesia Indah TMII. Objek wisata edukasi ini memperkenalkan kita tentang budaya, sejarah dan jgua potensi wisata di provinsi yang mendapat julukan Serambi Mekkah.

Di Anjungan Daerah Aceh Taman Mini Indonesia Indah TMII ini terdapat rumah Cut Meutia yang merupakan rumah asli pahlwan wanita asal aceh yaitu Cut Meutia. Rumah dengan 16 tiang penyangga ini diperkirakan telah berumur lebih dari 150 tahun namun tetap kokoh.

Terdapat juga rumoh aceh. Rumah tradisional aceh yang memiliki 3 ruangan utama yaitu serambi depan (seramo keue), ruang tengah (jureu) dan serambi belakang (seramo likot). Di sini dipemerkan budaya adat aceh, hasil kerajinan dan juga senjata tradisional.

Di sebelah Rumoh Aceh ini ktia dapat melihat replika lonceng Cakardonya yang merupakan pemberian kerajaan China melalui laksamana Cheng Ho sebagai tanda ikatan persahabatan antara kerajaan China  dan Aceh. Di sebelah rumoh aceh ini ktia dapat melihat replika lonceng cakardonya yang merupakan pemberian kerajaan China melalui laksamana cheng ho sebagai tanda ikatan persahabatan antara kerajaan China dan Aceh. Sementara di bagian paling depan halaman Anjungan Daerah Aceh Taman Mini Indonesia Indah TMII ini juga tampak sebuah pesawat jenis dakota yang bernama “Seulawah”.

Keberadaan Anjungan Daerah Aceh Taman Mini Indonesia Indah TMII ini dapat menjadi semacam etalase provinsi Aceh agar masyarakat luas lebih mengenal tentang adat, budaya dan juga potensi wisata. Selain itu dapat menjadi tempat bertemunya masyarakat Aceh yang berada di perantauan terutama di Jakarta dan sekitarnya. Karena di sini sering diadakan acara kesenian yang menampilkan tari seudati atau juga tari salman. Bahkan juga upacara adat.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengajak kita berkeliling nusantara untuk mengenal lebih jauh tentang provinsi di Indonesia antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, atau juga Sumatera Selatan

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Daerah Aceh Taman Mini Indonesia Indah TMII. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi tujaun wisata anda bersama keluar dan rekan tercinta. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *