Mengunjungi Anjungan Daerah Kalimantan Tengah TMII

Mengunjungi Anjungan Daerah Kalimantan Tengah TMII. Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tempat wisata menarik di Jakarta yaitu anjungan Kalimantan Tengah yang terletak Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Objek wisata edukasi ini mengenalkan kepada kita tentang adat, budaya, sejarah dan juga potensi wisata di provinsi Kalimantan Tengah.

Anjungan daerah provinsi Kalimantan Tengah TMII ini menampilkan rumah panjang atau disebut betang sebagai bangunan induk. Betang dibangun dengan bergotong royong sebagai bentuk kerukunan hidup dan juga ditinggali bersama yang menjadikan perasaan yang sama saat duka maupun duka. Budaya Kalimantan Tengah yang kaya dengan seni tradisional selalu dijaga dan dikembangkan untuk tetap lestari. Seperti seni patung, seni relief, kerajinan, seni tari dan juga upacara adat.

Saat memasuki anjungan Kalimantan Tengah kita akan melintasi gerbang khas Dayak yang dihiasi lengkungan dan burung Enggang. Ada juga patung orang utan yang merupakan satwa yang banyak hidup di taman nasional Tanjung Puting. Terdapat juga bangunan balai adat sebagai tempat pameran benda-benda budaya bersejarah tradisional khas Dayak.

Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terdapat anjungan daerah dari seluruh provinsi di Indonesia antara lain Yogyakarta, Banten atau juga Jambi yang menampilkan ciri khas budaya masing-masing. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk pelestarian budaya nusantara.

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Kalimantan Tengah TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *