Mengunjungi Anjungan Daerah Provinsi Kalimantan Barat TMII

Mengunjungi Anjungan Daerah Provinsi Kalimantan Barat TMII. Kali ini deasikumbang akan mengajak rekan-rekan menuju salah sati tempat wisata menarik di Jakarta yaitu Anjungan Kalimantan Barat yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Objek wisata budaya ini memperkenalkan kepada kita keanekaragam adat, budaya, sejarah dan juga potensi wisata provinsi Kalimantan Barat.

Anjungan Kalimantan Barat TMII memiliki 2 bangunan utama yaitu

  1. Replika Istana Kesultanan Kadaryiah

Memasuki bangunan ini terdapat diorama Sultan Abdurrakhman Alkadri yang duduk bersanding dengan sang permaisuri Utin Chandra Midi semabari menyaksikan tarian Jepin. Tampak juga beberapa benda budaya seperti meriam kecil, bendera, payung kuning, tombak dan gamelan yang dipamerkan.

2. Rumah Bentang Atau Rumah Panjang

Merupakan rumar adat suku Dayak. Bengunan ini terbagi dua. Sisi yang satu berupa ruangan berpetak-petak dan menjadi kamar keluarga atau selasar. Sisi yang lain berupa ruangan memanjang yang disebut tajuk datu jungkat memliki fungsi yang serba guna.

Kedua bangunan ini di TMII digunakan sabagai tempat memamerkan benda-benda tradisional mulai dari mandau, sumpit dan anak sumpitnya serta sarang palilit / tutup kepala wanita.

Anjungan daerah provinsi Kalimantan Barat TMII ini secara rutin di akhir pekan mengadakan atraksi tari daerah, senandung lagu melayu, musik pop tradisional dan juga kesenian khas Kalimantan Barat lainnya. Bahkan acapkali diselenggarakan lomba menyumpit, upacara adat perkawinan, serta peragaan busana adat.

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Daerah Provinsi Kalimantan Barat TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *