Mengunjungi Anjungan Daerah Provinsi Maluku TMII

Mengunjungi Anjungan Daerah Provinsi Maluku TMII. Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tempat wisata menarik di Jakarta yaitu Anjungan Daerah Provinsi Maluku yang berada di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Objek wisata ini mengetengahkan adat, seni, budaya, sejarah dan juga potensi wisata yang ada di provinsi Maluku.

Anjungan Daerah Provinsi Maluku di TMII ini menampilkan rumah adat Baileo. Bangunan ini merupakan cerminan dari persahabatan 2 marga besar maluku yaitu Pata Siwa dan Pata Lima. Kata Siwa Lima ini memiliki makna ‘Kita Semua Punya’ yang menjadi lambang persatuan rakyat Maluku. Di tempat aslinya Baileo merupakan rumah panggung yang tidak memiliki dinding dengan ditopang oleh tiang-tiang dimana jumlah tiang ini memiliki arti tersendiri.

Di TMII ini Baileo digunakan sebagai tempat memamerkan aneka benda budaya Maluku diantaranya busana daerah, busana pengantin, pakaian sehari-hari dan pakaian lainnya. Terdapat juga senjata tradisional seperti parang, perisai, tombak, dan juga panah.

Kita juga dapat menjumpai rumah latu atau rumah raja / kepala desa. Berbentuk segi empat memiliki serambi yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu pria sedangkan ruangan tengah dijadikan sebagai kamar tidur dan ruang belakang untuk dapur.

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Daerah Provinsi Maluku TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *