Mengunjungi Anjungan Daerah Sulawesi Selatan TMII

Mengunjungi Anjungan Daerah Sulawesi Selatan TMII. Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tempat wisata menarik di Jakarta yaitu anjungan daerah Sulawesi Selatan. Objek wisata ini memperkenalkan adat, budaya, sejarah dan juga potensi wisata yang ada di provinsi Sulawesi Selatan.

Anjungan Daerah Sulawesi Selatan TMII ini menampilkan Rumah adat suku Bugis – Makassar yang memiliki sebutan tersendiri. Untuk Bugis disebut Soa Roja sedangkan Makassar yaitu Balla Lompo. Rumah ini sebagai tempat tinggal para bangsawan dan merupakan replika dari istana Sultan Hasanudin.

Rumah adat ini terbagi dalam 3 ruangan yaitu

  1. Rakkeang : untuk penyimpanan benda-benda pusaka dan juga bahan makanan
  2. Bola atau kalle : yang berfungsi sebagai ruang tamu, ruang tidur dan ruang makan
  3. Awasao atau passiringan : sebagai tempat untuk penyimpanan alat pertanian dan juga hewan ternak

Sedangkan bagi rakyat biasa rumahnya dinamakan Bola (Bugis) dan Balla (Makasssar).

Di anjungan Daerah Sulawesi Selatan TMII ini juga kita dapat melihat berbagai perahu tradisional yang melambangkan para pelaut Bugis dan Makasssar yang terkenal tangguh dan piawai di lautan.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga menghadirkan anjungan daerah dari seluruh provinsi di Indonesia antara lain Jawa Barat, Jakarta, Banten dan juga Jawa Tengah sehingga masyarakat luas akan lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Nusantara yang kaya.

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Daerah Sulawesi Selatan TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *