Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) TMII

Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) TMII. Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tetntang salah satu tempat wisaa menarik di Jakarta yaitu Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berada di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Objek wisata budaya ini menjadi semacam etalase bagi provinsi Nusa Tenggara barat (NTB) agar masyarakat lebih mengenal dari sisi budaya, adat, sejarah dan juga potensi wisata.

Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) TMII menampilkan replika istana Sumbawa yang aslinya bernama dalam Loka Samawa. Di lantai satu ruangannya terdiri dari bagian depan atau balairung yang dinamakan Luyuk Agung. Terdapat juga ruang peraduan sultan dan permaisuri, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Di lantai satu ini dipamerkan benda-benda budaya tradsional dari suku-suku yang ada di NTB yaitu Suku Sasak (Lombok), Mbojo (Dompu Dan Bima) dan Suku Sumbawa. Seperti pakaian adat, kain songket, gerabah, perlengkapan berburu, senjata tradisional dan juga kerajinan tangan lainnya.

Beranjak ke lantai dua, kita dapat melihat benda budaya bersejarah seperti seperangkat gamelan, peralatan tenun, anyaman dan foto-foto objek wisata utama yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengunjung dapat membeli cinderamata khas NTB yang dijual di kios khusus yang letaknya di bawah bangunan induk.

Bangunan lainnya yang kita temui di anjungan NTB ini yaitu lumbung Suku Sasak yang disebut Samba / Pantek, gedung pertemuan yang bercorak Mbojo, Gapura, panggung pertunjukan Bumi Gora dan juga musholla yang memiliki menara khas Bima.

Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) TMII juga secara berkala mengadakan pentas seni dan budaya yang menampilkan tarian daerah, lagu daerah, serta upacara adat. Hal ini tentu menjadi sebuah magnet bagi masyarakat luas khususnya para perantau NTB yang berada di Jakarta dan sekitarnya sebagai ajang berkumpul dan temu kangen bersama perantau lainnya.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memang menjadi sarana bagi provinsi di seluruh Nusantara untuk mengenalkan daerahnya. Selain Nusa Tenggara Barat (NTB) di TMII ini kita dapat menjumpai anjungan provinsi lainnya seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur atau juga Kalimantan Tengah

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *