Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) TMII

Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) TMII. Kali ini deasikumbang akan mengajak rekan-rekan menuju salah satu tempat wisata menarik di Jakarta yaitu anjungan daerah provinsi Nusa Tenggara Timur yang berada di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Objek wisata ini mengajak kita untuk mengenali dan mendalami tentang adat, budaya, sejarah dan potensi wisata yang ada di provinsi NTT.

Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) di TMII ini menampilkan replika istana kerajaan Kupang sebagai bangunan utama yang disebut dengan Rumah Temukung. Didalamnya dipamerkan berbagai benda budaya antara lain pakaian pengantin, alat musik tradisional seperti sasando, ukulele, jungga atau heo.

Bangunan lainnya adalah rumah adat Rote yang bernama Umatua dan juga rumah adat Alor. Lalu terdapat pula rumah adat yang mewakili kabupaten Sumba yaitu Uma Mbatangu atau Uma Kalada. Terdiri dari 2 lantai yang fungsinya lantai 1 sebagai kantor administrasi sedangkan lantai 2 dijadikan sebagai ruang pameran. Di bagian depan anjungan terdapat bangunan untuk menyimpan hasil panen seperti padi jagung, palawija dan lainnya yang dinamakan Lopo.

Provinsi Nusa tenggara timur (NTT) identik dengan hewan khas nya kuda Sumba yang terkenal dan tentu saja komodo yang hanya ada di pulau Komodo. Kedua hewan ini dijadikan patung dan ditempatkan di gerbang anjungan untuk menyambut pengunjung yang datang

Keberadaan Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) di TMII tentu menjadi sebuah etalase bagi provinsi ini dan juga sebagai ajang berkumpulnya para perantau yang berada di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Karena di sini sering diadakan acara kesenian yang menampilkan tarian dan lagu-lagu daerah dan juga upacara adat.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Penghubung Pemda Nusa Tenggara Timur. Yang beralamat di Jl.Tebet Timur Dalam Raya No. 42 Jakarta 12820 dengan nomor telepon 021-8314589, 8294292 dan Fax. 021- 8294292.

Taman mini indonesia indah (TMII) yang memiliki misi untuk terus melestarikan budaya dan adat daerah Nusantara menampilkan anjungan dari seluruh provinsi di Indonesia antara lain Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah atau juga Kalimantan Timur.

Demikian artikel Mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) TMII. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga dan rekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *