Pengalaman Memperpanjang SIM Di Kantor Pelayanan Publik Bekasi

Pengalaman Memperpanjang SIM Di Kantor Pelayanan Publik Bekasi. Sebagai warga negara yang baik kita harus taat hukum dan peraturan yang berlaku. Begitu pula kita yang menendarai kendaraan di jalan raya maka harus dilengkapi dengan surat-surat seperti STNK dan juga SIM. Nah ini pengalaman saya saat mengurus SIM di Mal Pelayanan Publik Bekasi (MPP)yang beralamat di Lotte Mart, Jl Ir Juanda, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Saya datang di hari Sabtu dan jam 8 pagi sudah tiba di sana dengan harapan dapat tidak terlalu antre. Namun perkiraan saya meleset karena dapat nomor antrian 131. Tidak mengerti juga mulai jam berapa pengambilan nomor antrean ini sehingga saya mendapatkan nomor besar.

Setelah mendapatkan nomor antrean langsung menuju ke counter Pelayanan Perpanjangan SIM. Di sini kita menunggu panggilan untuk mendapatkan blanko. Siapkan SIM asli dan Foto copy KTP. Pastikan juga masa berlaku SIM kita dalam rentang maksimal 14 hari sebelum habis, karena bila diluar itu akan ditolak.

Setelah mendapatkan blanko, kita isi terlebih dahulu secara lengkap dan benar

Lalu kita menuju counter surat kesehatan. Antreannya cukup panjang. Di sini kita dites buta warna. Bila lulus akan diberi surat kesehatan dan membayar sebesar 25,000 rupiah. Antrean sangat panjang jadi harus sabar dan kuat berdiri.

Selanjutnya melakukan pembayaran pengurusan SIM di counter BRI yang letaknya bersebelahan. Untuk SIM C dikenakan biaya sebesar 75,000 sedangkan SIM A sebesar 80,000. Lembar ke 2 disertakan di blanko sedangkan aslinya kita pegang untuk penukaran SIM yang baru. Setelah itu membayar asuransi sebesar 25,000.

Bila telah lengkap semua mulai dari kesehatan, bank dan asuransi. Kita kembali lagi ke counter Pelayanan Perpanjangan SIM untuk menyerahkan blanko untuk dilakukan registrasi dan foto SIM.

Beberapa catatan dari Pengalaman Memperpanjang SIM Di Kantor Pelayanan Publik Bekasi:

  • Kantor Pelayanan Publik Bekasi hanya melayani perpanjangan SIM bukan pembuatan SIM baru.
  • Pastikan tanggal kita mengurus masuk jangka waktu 14 hari sebelum masa berlaku habis.
  • Datang lebih pagi agar dapat nomor antrean kecil. Nomor antrean ini jadi kunci urutan untuk foto.
  • Siapkan foto copy KTP dari rumah, walaupun di sana ada tukang foto copy namun cukup ramai. Bawa juga alat tulis dan alas nya agar mempermudah saat pengisian blanko.
  • Urutan nya harus kita lakukan secara tertib. Contohnya kita tidak dapat melakukan pembayaran bank bila belum tes kesehatan.

Sebagai alternatif pengurusan perpanjang SIM dapat menggunakan SIM keliling atau juga Samsat Bekasi yang buka dari jam 7 malam hingga 6 pagi

Demikian artikel Pengalaman Memperpanjang SIM Di Kantor Pelayanan Publik Bekasi. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *