Bilangan Berpangkat Bulat Positif | Matematika Kelas 7 SMP

Bilangan Berpangkat Bulat Positif | Matematika Kelas 7 SMP. Salah satu tujuan menggunakan bilangan berpangkat yaitu untuk penyederhanaan bilangan desiml yang memuat angka cukup banyak. Contohnya 1.000.000  dapat dinotasikan menjadi bilangan berpangkat 106. Mengubah bilangan desimal yang memiliki angka banyak menjadi bilangan berpangkat dapat dilakukan dengan syarat nilainya tetap.

Secara umum bilangan berpangkat dapat dinyatakan dalam bentuk ab dengan a dan b adalah bilangan bulat. A disebut bilangan basis atau pokok sedangkan b disebut eksponen atau pangkat. Untuk menyatakan bilangan berpangkat bulat menjadi bilangan desimal, kita cukup mengubahnya dalam bentuk perkalian lalu menentukan hasil kalinya.

Untuk menyatakan bilangan desimal menjadi bilangan berpangkat salah satu caranya yaitu dengan menentukan faktor-faktornya terlebih dahulu.

Faktor bilangan

Bilangan bulat a dikatakan faktor dari bilangan bulat b jika ada bilangan bulat n sedemikian sehingga a x n = b

Contoh :

4 dikatakan faktor dari 8 karena ada bilangan 2 sedemikian sehingga 2 x 4 = 8

Setelah mengerti tentang faktor, kita dapat mengubah bilangan-bilangan yang sangat besar menjadi bilangan berpangkat. Untuk menemukan faktor-faktor dari bilangan desimal tersebut salah satu caranya adalah dengan membagi bilangan tersebut secara berulang.

Membandingkan Bilangan Berpangkat Besar

Bilangan manakan yang lebih besar 78 atau 87 ?

Bila dalam bilangan desimal kita dapat langsung menentukan dengan cara membandingkan angka penyusunnya. Namun dalam bilangan berpangkat kita harus merinci terlebih dahulu walaupun tampak angka penyusunnya sama yang berbeda hanya posisinya saja.

78  = 7 x 7 x 7 x 7 x 7 x 7 x 7 x 7 = 5,764,801

87  = 8 x 8 x 8 x 8 x 8 x 8 x 8 = 2,097,152

Dari hasil perhitungan di atas tampak bahwa kedua bilangan pangkat tersebut walaupun disusun oleh angka yang sama namun memiliki nilai yang berbeda. Dengan demikian 78 lebih besar dari 87

Demikian  pembahasan Bilangan Berpangkat Bulat Positif | Matematika Kelas 7 SMP. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih

pelajari juga Aturan Urutan Operasi Bilangan Matematika Yang Paling Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *