Jalan-Jalan Mengunjungi Museum Geologi Bandung

Jalan-Jalan Mengunjungi Museum Geologi Bandung. Kali ini deasikumbang akan berbagi cerita tentang Jalan-Jalan Mengunjungi Museum Geologi Bandung yang beralamat di Jl. Diponegoro No.57, Citarum, Bandung Wetan, Bandung. Lokasi berdekatan dengan Gedung Sate dan Lapangan Gasibu atau persis di depan Taman Lansia. Biasanya museum ini dikunjungi oleh rombongan sekolah namun untuk perorangan pun dapat dilakukan.

Keberadaan museum geologi berkaitan dengan sejarah penyelidikan tahun 1850 an di Indonesia. Lembaga yang mengkoordinasikan penyelidikan geologi saat itu bernama “Dienst Van Het Mijnwezen” . Museum Geologi diresmikan pada 16 Mei 1929 bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke 4 di Institut Teknologi Bandung. Sebelumnya gedung ini berfungsi sebagai laboratorium geologi, kantor dan museum untuk menyimpan dan menyajikan hasil survei geologi.

Harga tiket masuk nya murah dan terjangkau yaitu 3000 rupian untuk dewasa dan 2000 untuk anak-anak. Kita akan diberi karcis yang berbentuk semacam gelang kertas.

Sebelum memasuki museum alangkah baiknya kita simak terlebih dahulu peta panduannya agar lebih nyaman saat penelusuran di dalam museum.

Museum geologi memiliki ratusan ribu koleksi batuan, mineral, fosil. Sebagian besar disimpan di ruang koleksi, sebagian kecil dipamerkan di ruang peragaan. Ruang peragaan museum geologi menempati 2 lantai terdiri dari 4 ruangan. Etiap ruangan menyajikan tema-tema yang berbeda.

Ruang peragaan geologi Indonesia dan sejarah kehidupan berada di lantai 1.

Lantai 2 menyajikan geologi dan kehidupan manusia dengan tema sumber daya geologi manfaat dan bencana geologi.

Demikian artikel Jalan-Jalan Mengunjungi Museum Geologi Bandung. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan bagi kita bersama. Terima kasih

simak juga : Perjalanan naik kereta dari Bekasi ke Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *