Pengalaman Naik Kereta Argo Parahyangan Bekasi Bandung

Pengalaman Naik Kereta Argo Parahyangan Bekasi Bandung. Berangkat dari rasa penasaran akhirnya kita putuskan liburan sekolah tahun ini ke Bandung dengan naik kereta. Penasaran karena biasa menggunakan KRL saja dan hanya melihat saja kereta-kereta antar kota. Rasanya enak juga kalau naik di dalamnya. Akhirnya kita cari tiket kereta ke Bandung, menjelang tahun baru memang cukup tinggi juga peminatnya sehingga untuk jam-jam favorit sudah full boking. Akhirnya kita dapat tiket Argo Parahyangan yang jam 6 pagi berangkat dari stasiun Bekasi.

Karena baru pertama naik kereta jarak jauh jadi agak bingung juga saat tiba di stasiun. Untuk masuk stasiun kita harus mencetak dulu tiket elektronik menjadi tiket asli di mesin cetak mandiri. Ternyata gampang aja caranya tinggal masukkan kode booking atau scan barcode nya beres, tiket asli pun sudah di tangan. Saat di peron sebelum memasuki kereta akan ada pemeriksaan tiket dengan kartu identitas, saya menggunakan KTP saat itu.

Mantap, kereta datang sangat tepat waktu. Karena stasiun Bekasi hanya transit maka kereta tidak berhenti lama hanya sekitar 5 menit saja. Oleh karena itu penumpang diperintahkan naik terlebih dahulu, tidak perlu menyesuaikan gerbong nya. Seperti saya kelas ekonomi yang gerbong 4 tapi masuknya dari gerbong 1.

Kita dapat kursi yang saling berhadapan. Sebenarnya kita juga baru tahu ternyata susunan kursi untuk kelas ekonomi Argo Parahyangan yaitu nomor 1 hingga 10 menghadap ke belakang, sedangkan 11 sampai 20 menghadap depan. Jadi antara kursi 10 dengan 11 akan berhadapan, ini sangat cocok untuk keluarga atau rombongan seperti saya.

Gerbong nya cukup nyaman dan tampak bersih, ac nya juga lumayan dingin jadi yang tidak kuat dingin lebih baik siapkan jaket atau baju hangat. Ada tv nya juga tapi acaranya cuma iklan PT KAI  doang.

Perjalanan dari Bekasi hingga Purwakarta kereta cukup laju namun begitu memasuki daerah Plered kalau tidak salah, kerete mulai mengurangi kecepatan bahkan bisa dikatakan berjalan lambat hal ini dapat difahami karena medan yang dilewati persawahan dan perbukitan. Bahkan kita melewati sebuah terowongan yang lumayan panjang yaitu sekitar 1 km. Setelah meliuk-liuk di daerah perbukitan akhirnya kereta memasuki daerah Padalarang dan kereta mulai tancap gas lagi.

Alhamdulillan kita tiba di stasiun Bandung jam 08.46 WIB sesuai dengan jadwal. Salut buat PT KAI yang mampu menjaga ketepatan jadwal keberangkatan dan tiba kereta. Hal ini tentu menjadi nilai tambah sehingga tidak heran saat ini pengguna kereta api meningkat tajam.

Demikian artikel Pengalaman Naik Kereta Argo Parahyangan Bekasi Bandung. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *